Breaking News:

Berita Malang Raya

Kondisinya Memprihatinkan, Lutung Jawa yang Hendak Dijual Lewat Facebook Itu Akhirnya Mati

Lutung Jawa itu mati hanya beberapa jam setelah tiba dan dirawat di JLC, Jumat (5/8/2016).

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Titis Jati Permata
surya/sri wahyunik
Kondisi Sartika, lutung berusia enam bulan yang masih hidup di Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa (Javan Langur Center/JLC) Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Sabtu (6/8/2016). 

SURYA.co.id | MALANG - Seekor Lutung Jawa yang dititipkan di Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa (Javan Langur Center/JLC) Kecamatan Bumiaji Kota Batu mati.

Binatang bernama Latin Trachipitecus Auratus itu dititipkan Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Lutung Jawa itu mati hanya beberapa jam setelah tiba dan dirawat di JLC, Jumat (5/8/2016).

Petugas Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LH dan Kehutanan menitipkan dua ekor lutung dan empat ekor kukang yang disita dari seorang warga Surabaya, RAG (34).

RAG menawarkan hewan-hewan tersebut lewat Facebook. Sebelum sempat menjualnya, RAG ditangkap di Perumahan Gunungsari Indah Surabaya, Kamis (4/8/2016).

Baca juga : Warga Surabaya Jual 2 Lutung Jawa dan 4 Kukang Jawa Lewat Facebook

r

Setibanya di JLC, petugas setempat melakukan pemeriksaan. Lutung yang masih berusia tiga dan enam bulan dimasukkan ke tempat penghangat karena kondisi tubuhnya memprihatinkan.

Tetapi lutung yang berusia tiga bulan, mati setelah dirawat sekitar tiga jam di tempat itu.

"Ketika datang kondisinya memang tidak bagus. Dia tidak bernyawa setelah dirawat tiga jam, sempat ditaruh di tempat penghangat," ujar Manajer Proyek JLV Iwan Kurniawan kepada SURYA.co.id, Sabtu (6/8/2016).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved