Otomotif

UMK Surabaya Hampir Sama dengan Jakarta, Penjualan Mobil Daihatsu Naik 5 Persen

#SURABAYA - UMK di wilayah Surabaya dan sekitarnya hampir sama dengan Jakarta sehingga pasar konsumen dari fixed income ini bisa tumbuh.

UMK Surabaya Hampir Sama dengan Jakarta, Penjualan Mobil Daihatsu Naik 5 Persen
sugiharto
Pebulutangkis, Susi Susanti dan Alan Budikusuma berdialog bersama tim usai memberikan keterangan pers Daihatsu Astec Open 2016 di DSO Waru, Sidoarjo, Selasa (26/7/2016). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Penjualan mobil Daihatsu di wilayah Jatim mengalami peningkatan 5 persen di semester I tahun 2016 dibanding periode sama tahun 2015 lalu. Jumlah itu lebih tinggi dibanding nasional yang hanya 1 persen.

Regional Manager Daihatsu Jawa Timur, Budhy Lau, mengatakan, kenaikan penjualan ini ditopang pertumbuhan ekonomi di Jatim yang lebih positif dibanding nasional.

"UMK di wilayah Surabaya dan sekitarnya hampir sama dengan Jakarta sehingga pasar konsumen dari fixed income ini bisa tumbuh," jelas Budhy di Sidoarjoa, Selasa (26/7/2016).

Hingga akhir tahun ini, Budhy menyebut pihaknya semakin optimis penjualan akan meningkat. Dengan target sepanjang tahun 2016 juga meningkat 5 persen dibanding tahun 2015.

"Semester I sudah naik 5 persen jadi akhir tahun target kami 5 persen lebih sedikit," jelas Budhy di sela konferensi pers Daihatsu Astec Open 2016.

Untuk seri mobil Daihatsu di segmen pasar kendaraan low cost green cost (LCGC) yang selama semester I ini penjualannya tumbuh 11 persen dan multi purpose vehicle (MPV) yang tumbuh 6 persen.

“Ditambah lagi perkembangan pembangunan infrastruktur jalan oleh pemerintah saat ini menjadi potensi bagi sektor otomotif,” imbuhnya.

Adapun pada tahun lalu, Daihatsu Jatim mencatat mampu menjual sebanyak 21.948 unit. Sekitar 35 persen dari total penjualan tersebut telah dikontribusi oleh kendaraan LCGC yakni Daihatsu Ayla atau mencapai 4.624 unit atau rata-rata penjualan mencapai 546 unit per bulan di pasar ritel di Jatim dan sekitar 231 unit per bulan untuk penjualan khusus di Surabaya.

Saat ini pangsa pasar LCGC Daihatsu sendiri sudah mencapai 28 persen di Jatim dan untuk di Surabaya pangsa pasarnya mencapai 31,62 persen.
Sementara untuk segmen kendaraan MPV seperti Daihatsu Xenia juga telah berkontribusi sekitar 40 persen terhadap total penjualan Daihatsu, dan disusul oleh penjualan mobil sport utility vehicle (SUV) yakni 20 persen.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, menambahkan kontribusi Jatim menjadi nomor dua setelah DKI Jakarta.

"Di Jatim cukup stabil dengan pasar konsumen fixed income dari industri yang tumbuh positif juga. Sementara di wilayah lain, terutama di luar Jawa, yang masih banyak tergantung dengan produk komoditas," jelas Amelia.

Sementara harga komoditas dan mineral saat ini sedang bergejolak dan cenderung anjlok.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved