Hari Anak Nasional

Wahana Visi Beri Kesempatan Anak-Anak Belajar dan Rekreasi, Seperti Ini Kegiatannya

Kampung Anak Negeri menyediakan delapan stan yang memberikan topik informasi beragam yang berguna, seperti perilaku hidup bersih dan makanan sehat.

Wahana Visi Beri Kesempatan Anak-Anak Belajar dan Rekreasi, Seperti Ini Kegiatannya
SURYA/PRAMUDITO
Peringatan Hari Anak Nasional yang diadakan Wahana Visi Indonesia di Grand City Mall Surabaya mengundang 6.000 anak dari empat kecamatan di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kampung Anak Negeri yang diselenggarakan oleh Wahana Visi Indonesia (WVI) selama dua hari di Grand City Mall Surabaya ini mengundang hampir 6.000 anak.

Mereka berasal dari 11 kelurahan di Kecamatan Genteng, Sawahan, Tegalsari, dan Simokerto. Di empat kecamatan ini pula WVI melakukan pendampingan pada warga setempat.

Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini juga menampilkan atraksi seni dari masing-masing kecamatan yang diundang hadir.

Anak-anak dari kampung Peneleh misalnya menyajikan tari Bali, sedang anak-anak dari Simokerto memamerkan kemampuan menari Remo.

Kampung Anak Negeri menyediakan delapan stan yang memberikan topik informasi beragam yang berguna untuk anak, seperti perilaku hidup bersih dan sehat, makanan sehat, perlindungan anak, seni kreatif dan wirausaha, bahaya narkoba dan rokok, ragam profesi, kelompok Belajar Anak (KBA), ilmu pengetahuan terkini dan lain lain.

Setiap kegiatan dan informasi yang disediakan dalam Kampung Anak Negeri ini difasilitasi WVI dengan dukungan Pemkot Surabaya, universitas, kelompok serta tokoh masyarakat dan tak lupa Forum Anak.

Acara peringatan HAN yang sekaligus jadi acara selebrasi penutupan program Wahana Visi Indonesia di 3 kecamatan itu dibuka langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

"Dalam sektor penguatan ekonomi, WVI juga mendorong tumbuhnya kelompok-kelompok usaha mandiri, seperti kelompok Ikat Jumput Warna Ayu, Lurink, Mandiri, Ujung Galuh, dan Kharisma," kata Rudy Papang, Program Manager WVI Surabaya.

Beberapa pelopor kelompok tersebut mendapat penghargaan dari Pemerintah Kota Surabaya sebagai Pahlawan Ekonomi Kota Surabaya, yaitu Hj Ismiati dan Murtiningsih pada tahun 2014.

Selain itu juga telah mengembangkan kelompok Youth Enterpreneur di wilayah RW 3 Kelurahan Dr Sutomo, yaitu Slagen SC yang secara mandiri mewadahi usaha anak-anak muda setempat dalam produksi kripik berlabel "Ikan Kalapan Krispy" dan "Kenikir Krispy".

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Achmad Pramudito
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved