Pemkot Surabaya

Inilah Sosok 2 Perempuan Penerjemah Bahasa pada Acara Para Wali Kota Perempuan

#SURABAYA - Farah Andita Ramdani dan Octrina Nanda Lamtiur, harus serius dan seksama dalam waktu tiga jam untuk menyampaikan dua bahasa.

Inilah Sosok 2 Perempuan Penerjemah Bahasa pada Acara Para Wali Kota Perempuan
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Octrina Nanda Lamtiur dan Farah Andita Ramdani, penerjemah dalam acara Women Mayor Forum yang diadakan United Cities and Local Government Asia-Pasific (UCLG-ASPAC) di Graha Sawunggaling, Surabaya, Minggu (24/7/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Farah Andita Ramdani dan Octrina Nanda Lamtiur, harus serius dan seksama dalam waktu tiga jam untuk menyampaikan dua bahasa yakni Indonesia-Inggris maupun sebaliknya, Minggu (24/7/2016).

Keduanya adalah interpreter atau penerjemah bahasa. Mereka menunjukkan kemampuannya dalam acara City Mayor Forum di Surabaya

Acara itu merupakan rangkaian The Third Session of the Preparatory Committee for Habitat III (Prepcom) di Grand Convextion & Exibition Hall (Convex) Surabaya, Senin (25/7/2016).

Adapun acara City Mayor Forum yang didominasi para perempuan itu mengharuskan para tamu delegasi Prepcom III menggunakan Bahasa Inggris.

Oleh sebab itu, untuk mempermudah jalannya kegiatan dialog, ada dua perempuan perwakilan Pemeritah Kota (Pemkot) Surabaya dan United Cities and Local Governments Asia-Pacific (UCLG ASPAC) yang membantu menerjemahkan dalam bahasa Inggris-Indonesia maupun sebaliknya.

Farah Andita Ramdani dan Octrina Nanda Lamtiur berada dalam ruang berukuran 2 x 2 meter persegi dan kedap suara ini.

Mereka terlihat lihai menerjemahkan ke dalam bahasa masing-masing. Berbekal airphone dan microphone radio frekuensi, keduanya tampak bergantian menerjemahkan setiap perkataan dari para pemateri.

"Kalau capek tandanya tinggal nyenggol saja, lalu gantian," kata Octrina kepada SURYA.co.id seusai acara City Mayor Forum. 

Octrina terbiasa menerjemahkan dua bahasa. Perempuan yang menjabat sebagai Strategic Service Officer UCLG ASPAC ini bahkan menguasai bahasa Spanyol, Prancis, dan Inggris.

"Baru itu sih, tapi masih belajar dan belum selancar Bahasa Inggris," ujarnya sambil tersenyum.

Halaman
12
Penulis: Rorry Nurwawati
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved