Hari Anak Nasional

Inilah Serunya Ribuan Anak dari 4 Kecamatan di Surabaya Belajar di Kampung Anak Negeri

Grand City Mall dipenuhi ribuan anak-anak. Di ruangan yang cukup luas itu mereka menyebar ke beberapa stan di Kampung Anak Negeri.

Inilah Serunya Ribuan Anak dari 4 Kecamatan di Surabaya Belajar di Kampung Anak Negeri
SURYA/PRAMUDITO
Anak-anak sedang belajar menyiapkan menu sehat dengan bimbingan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair di peringatan HAN di Grand City Mall. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sabtu (23/7) siang itu Grand City Mall dipenuhi ribuan anak-anak. Begitu turun dari angkutan umum yang membawa mereka dari rumah mereka langsung naik ke lantai satu didampingi orangtua masing-masing.

Di ruangan yang cukup luas itu mereka pun menyebar ke beberapa stan di Kampung Anak Negeri. Ada stan Kreatif Inovatif, Jauhi Aku, Pengusaha Muda, Pojok Dolanan, dan Kampung Ramah Anak.

Ada pula Stan Sehat yang dikoordinir oleh para mahasiswa Akademi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair), dan Puskesmas.

Di stan ini para mahasiswa mengajarkan membuat menu sehat yang bisa dipraktikkan di rumah.

“Begini cara membuat matanya ya, rumput laut ini kita potong pakai alat ini. Lalu diambil pakai tusuk gigi biar tidak rusak,” tutur Hayu sambil memberi petunjuk menghias nasi pakai rumput laut sehingga tampil menarik.

Di hadapan mahasiswi semester 7 Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair ini duduk tiga anak usia sekolah dasar yang serius mengikuti setiap gerakannya.

Setelah dapat petunjuk mereka lalu mempraktikkan menggunakan bahan-bahan yang tersaji di hadapan mereka.

Selain sayuran berupa slada dan tomat, ada nugget, tempe, dan sosis sapi. “Ih, mata kelinci yang kamu buat kegedean itu jadi seperti melotot!” celetuk Tisa kepada teman di sampingnya.

Murid kelas 4 SD Kalisari ini mengaku senang bisa ikut belajar memasak. “Kalau di rumah saya memang suka bantu ibu di dapur, tapi yang makanan tadi belum pernah. Jadi nanti aku coba di rumah bareng kakak dan ibu,” urainya senang.

Anis Caturadi yang mendampingi Tisa mengungkap rasa senangnya atas penyelenggaraan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Grand City tersebut.

“Acaranya berbeda. Yang ini banyak memberi kesempatan anak-anak untuk belajar lewat permainan, sehingga selain edukasi ada unsur rekreasinya,” tegas ayah tiga anak ini.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Achmad Pramudito
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved