Breaking News:

Berita Pendidikan Surabaya

Limbah Kulit Rotan Dimanfaatkan jadi Casing Handphone Ramah Lingkungan

Dengan label merek Liv Case, casing handphone dari limbah rotan tersebut tampak cantik dengan beragam warna.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah | Editor: Titis Jati Permata
surya/neneng uswatun hasanah
Casing dari rotan ramah lingkungan yang kuat menahan goresan pada handphone karya Isahito Norhatan, mahasiswa Ubaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kulit rotan yang tidak dipergunakan seringkali hanya berakhir menjadi sampah yang menumpuk yang kemudian dibakar.

Namun, di tangan mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya), Isahito Norhatan, limbah kulit rotan tersebut diubah menjadi casing handphone ramah lingkungan.

Dengan label merek Liv Case, casing handphone dari limbah rotan tersebut tampak cantik dengan beragam warna.

Tidak hanya bahan baku yang ramah lingkungan, Isahito juga mewarnai produknya dengan pewarna alami yang menciptakan warna tak kalah bagus dengan pewarna buatan.

Ide awal pembuatan Liv Case adalah penelitian dosen ITS yang membuat gelas dari bahan jerami.

Setelah membaca beberapa literatur lain, Isahito akhirnya memilih rotan sebagai bahan baku produknya.

"Green material saat ini sedang digalakkan dan masyarakat juga sudah mulai sadar akan bahaya plastik di lingkungan. Sampah plastik adalah limbah yang sulit didegradasi sehingga saat ini peneliti berlomba-lomba melakukan riset mengenai bahan alami yang dapat digunakan sebagai green material yang ramah lingkungan," ujarnya pada SURYA.co.id, Rabu (20/7/2016).

Indonesia sebagai supplier terbesar rotan, kemudian menjadi perhatian Isahito karena banyaknya limbah kulit rotan yang terbuang setelah batangnya digunakan sebagai mebel.

"Saya mengambil kulit rotan dari daerah Menganti, Gresik secara gratis karena memang kulit rotan ini tidak dipergunakan dan hanya menjadi limbah," katanya.

Proses pembuatannya, Isahito membuat ekstrak dari kulit rotan dengan cara diserut hingga didapat ekstrak yang bertekstur halus, kemudian dicampur dengan pati yang bertindak sebagai perekat, lalu diberi perlakuan panas yaitu steam dan hot press sekaligus untuk mencetak casing, dan dirapikan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved