Berita Surabaya

Baru Kerja Tiga Bulan, Tiga Pria ini Nekat Curi Kabel di Bakas Gudang Semen Gresik

Terungkapnya kasus pencurian ini setelah petugas satpam curiga tiga tersangka keluar area gudang membawa mobil pick up milik PT Semen Gresik.

Baru Kerja Tiga Bulan, Tiga Pria ini Nekat Curi Kabel di Bakas Gudang Semen Gresik
surya/siugiyono
Tiga terduga pelaku pencurian kabel dengan barang buktinya saat diperlihatkan polisi di Mapolsek Kebomas Gresik, Jumat (15/7/2016). 

SURYA.co.id | GRESIK - M Rifqi Arianto (24), warga Jl Anggrek, Desa Babat, Kecamatan Babat, Lamongan, Alriyadi Sholihin (33), Jl Desa Samirplapan, Kecamatan Duduksampean dan Satria Kend Ajar Monco Wiweko (29), warga Perumahan, GBA Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, ditangkap jajaran Polsek Kebomas akibat mencuri kabel tembaga di gudang bekas PT Semen Gresik.

Terungkapnya kasus pencurian ini setelah petugas satpam curiga saat tiga tersangka keluar dari area gudang membawa mobil pick up milik PT Semen Gresik W 9526 B.

Mobil itu keluar gudang dengan alasan membeki air mineral, Kamis (15/7/2016).

"Setelah keluar dari area gudang, mobil tersebut diikuti satpam. Ternyata tiga orang tersangka ini menjual besi tua di area Jl Ibrahim Zahir, Gresik. Baru menimbang besi tua langsung dihampiri satpam. Tiga orang tersebut langsung lari dan kembali ke pabrik. Kemudian barang bukti berupa kabel tembaga dan mobil pickup diamankan untuk bukti pencurian dan dilaporkan ke Polisi," kata Kapolsek Kebomas Kompol Gaguk Sulistiyo Budi melalui Kanit Reskrim Aiptu Budiono, Jumat (15/7/2016).

Ditemukan barang bukti berupa potongan kabel listrik berisi tembaga yang sudah dipotong-potong 73 biji berukuran 30 sentimeter dan tersangka langsung diserahkan ke Polsek Kebomas.

Di Mapolsek Kebomas, ketiga tersangka mengaku baru sekali mencuri. Rencananya hasil mencuri untuk tambahan kebutuhan sehari-hari.

"Gaji sudah sesuai Upah minimum kota (UMK). Tapi masih kurang untuk kebutuhan sehari-hari," kata tersangka Alriyadi Sholihin, di Mapolsek Kebomas.

Tiga pekerja outsourcing ini mengaku baru bekerja selama tiga bulan dan ditempatkan di bagian instalasi listrik area pabrik Semen Gresik.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk mencuri kabel listrik yang dalamnya berisi tembaga.

Dari 73 biji kabel listrik yang sudah dipotong-potong ukuran 30 sentimeter, beratnya mencapai 60 kuintal lebih.

"Baru sekali ini. Rencananya hasilnya dibagi tiga. Itu memang gudang perlengkapan listrik. Jadi banyak kabel bekas yang tidak terpakai," katanya.

Atas pencurian tersebut tersangka dikenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved