Berita Surabaya

PT KAI Kerahkan 6 KA Reguler Tambahan.

"Saya mau berangkat tanggal 6 besok, tujuan Surabaya-Yogyakarta menggunakan KA Pasundan, tapi sudah habis, kalah cepet sama yang pesan di web," pungka

PT KAI Kerahkan 6 KA Reguler Tambahan.
surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi, penumpang naik KA Turangga di Stasiun Gubeng Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dalam menghadapi lebaran tahun 2016 kali ini, untuk mengakomodir animo masyarakat yang ingin bermudik, PT KAI memperkuat kuota armadanya, dengan menambah 6 perjalanan KA tambahan.

KA tambahan lebaran ini telah beroperasi sejak 2 juli 2016. Beberapa kereta tersebut antara lain, KA Sembrani dan KA Kertajaya, yang keduanya sama-sama tujuan Surabaya-Jakarta.

Selain itu, KA tambahan lain, antara lain KA Gajayana dan KA Matarmaja dengan tujuan Malang-Jakarta.

Serta KA Pasundan dengan perjalanan Surabaya-Bandung, dan KA tambahan untuk relasi Surabaya-Yogyakarta yakni KA Sancaka lebaran.

Havinda (34) seorang ibu rumah tangga yang mendapatkan informasi kereta tambahan ini, mengatakan setelah mendapatkan informasi tersebut dirinya langsung menuju Stasiun Gubeng, untuk melakukan pembelian, tapi tidak mendapatkan hasil.

"Saya mau berangkat tanggal 6 besok, tujuan Surabaya-Yogyakarta menggunakan KA Pasundan, tapi sudah habis, kalah cepet sama yang pesan di web," pungkas Havinda kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Informasi yang didapatkan dari Humas KAI Daop 8 Surabaya, masa angkutan mudik lebaran tahun ini , PT KAI Daop 8 Surabaya juga mengoperasikan 75 perjalanan KA reguler, selain 6 perjalanan tambahan.

"Setiap harinya ada 52.241 tempat duduk yang tersedia ke semua jurusan. Jadi kalau ditotal, dari H-12 hingga H+10 kapasitas KA mencapai 1.253.784 tempat duduk," ujar Suprapto, Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Tercatat, puncak kedatangan penumpang di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terjadi mulai Sabtu (2/7/2016), dengan jumlah penumpang kedatangan mencapai 35.000 orang, yang akan terus ramai hingga H-1, dengan kedatangan terbanyak penumpang dari Bandung, Jakarta dan Yogyakarta.

Suprapto mengatakan, pada jalur keberangkatan penumpang dari wilayah Daop 8 Surabaya, terjadi pelonjakan kenaikan, pada tanggal 1 Juli kemarin, menembus angka 29 ribu penumpang.
Jumlah keberangkatan, semakin meningkat hingga pada Minggu (3/7/2016) malam, tercatat mencapai 30 an ribu penumpang.

Senin (4/7/2016) kali ini, Suprapto memprediksi, penumpang melalui Daop 8 akan menembus angka 35 ribu.

Adanya pemudik tersebut didominasi oleh pemudik tujuan Bojonegoro, Madiun, Kertosono, Jombang, Blitar, Kediri, Malang, Jember dan Banyuwangi.

Berikut ini, tercatat jumlah penumpang berangkat dari masing-masing Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, hingga Minggu (3/7/2016) malam, diantaranya Surabaya gubeng : 7.768 penumpang, Surabaya turi : 4.978 penumpang, Surabaya Kota/semut : 4.462 penumpang, Malang : 3.473 penumpang, dan Sidoarjo : 1.739 penumpang.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Monica Felicitas
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved