Berita Pendidikan Surabaya

Pemenuhan 666 Pagu Diisi Otomatis Oleh Sistem

”Pagu kosong yang tersisa, jumlahnya sangat kecil,”ungkapnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Pemenuhan 666 Pagu Diisi Otomatis Oleh Sistem
surya/sulvi sofiana
Ilustrasi, pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB). 

SURYA.co.id | SURABAYA –- Pemenuhan pagu penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur umum dibuka untuk 666 pagu kosong dari jenjang SMP, SMA, dan SMK. Pemenuhan pagu kosong itu diisi secara otomatis oleh sistem PPDB.

Ketua Tim Teknisi PPDB Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya Dwi Sunaryono menyampaikan, pagu yang kosong sudah banyak terisi oleh peserta didik. Artinya banyak siswa yang sudah melakukan daftar ulang untuk memenuhi pagu. Tim PPDB berperan aktif dalam mengawal siswa yang tercatat berhak mendaftar pada pemenuhan pagu.

”Sekolah sudah kami beritahu sebelumnya mengenai daftar siswa yang lolos dalam seleksi pemenuhan pagu. Sekolah juga diwajibkan menghubungi siswa ataupun orang tua agar pagu yang kosong segera terpenuhi,” terangnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Meski sudah aktif memberitahu siswa yang lolos, Dwi menyampaikan tidak menutup kemungkinan jika masih ada pagu yang kosong. Itu terjadi, jika siswa yang bersangkutan tidak bisa dihubungi untuk mendaftar. Bisa juga, siswa yang bersangkutan sudah mendaftar di sekolah lain.

”Pagu kosong yang tersisa, jumlahnya sangat kecil,”ungkapnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Menurutnya Dindik sudah memiliki aturan tersendiri. Yakni, tidak memberikan perpanjangan waktu bagi sekolah yang masih belum memenuhi kuota pagu yang ditentukan.

”Tidak ada gelombang kedua untuk pemenuhan pagu, jika tidak ada yang mendaftar ulang sampai batas akhir, sudah bisa dipastikan bangku tetap kosong,” terangnya.

Dwi merinci, pagu kosong SMP ada 331 kursi, di SMA ada 110 kursi, dan di SMK ada 225 kursi. Pagu kosong itu dipenuhi dari peserta yang memilih pilihan kedua masuk ke pilihan pertama. ”Ini diatur oleh sistem,” katanya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved