Berita Magetan

Bahaya! Banyak Sopir Bus Punya Tekanan Darah Tinggi dan Mengantuk

Mayoritas sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang diperiksa kesehatannya di Sub Terminal Maospati, Kabupaten Magetan, menderita hipertensi

Bahaya! Banyak Sopir Bus Punya Tekanan Darah Tinggi dan Mengantuk
surya/dony prasetyo
Tim Gabungan Kabupaten Magetan memeriksa kesehatan sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Sub Terminal Maospati, Kabupaten Magetan, Kamis (30/6). 

SURYA.co.id | MAGETAN - Mayoritas sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang diperiksa kesehatannya di Sub Terminal Maospati, Kabupaten Magetan, menderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Belum ditemukan seorang pun yang konsumsi narkoba.

"Mereka yang hipertensi banyak mengonsumsi obat, pereda sakit kepala, batuk dan alergi,"kata Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Magetan AKP Sutiana kepada Surya Online, Kamis (30/6/2016).

Sopir yang dicek kesehatan ini mengaku kelelahan namun memaksa bekerja tanpa menghiraukan rasa capek yang dialami.

"Mereka tidak pernah cek kesehatan, sehingga begitu sakit kepala, dia minum obat sakit kepala yang dijual bebas, termasuk obat batuk dan alergi. Padahal sakit kepala yang dideritanya itu akibat tekanan darahnya naik,"jelas Kasat Resnarkoba yang mantan Kapolsek Takeran ini.

Kalau kondisi ini dipaksakan dan terus konsumsi obat obatan yang umumnya tidak diketahui sopir, bisa memicu kecelakaan lalu lintas dan sangat membahayakan keamanan penumpang.

"Obat yang dikonsumsi teman teman sopir kebanyakan punya efek mengantuk, seperti obat sakit kepala, batuk dan obat alergi. Ini bahaya kalau di konsumsi saat teman teman sopir mengemudikan busnya, dikhawatirkan bisa menyebabkan laka lantas (kecelakaan lalu lintas),"ujar AKP Sutiana.

Selain mengecek kesehatan sopir, operasi ini juga mengecek kelengkapan kendaraan.

"Penyebab kecelakaan tidak hanya faktor manusia, tapi juga kendaraan yang di kemudikan. Kalau orangnya sehat, rem bus tidak berfungsi, dan blong. Apa tidak menyebabkan kecelakaan,"kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan informatika (Dishubkomonfo) Kabupaten Magetan Subroto, Kamis (30/6/2016).

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved