Breaking News:

Berita Gresik

Petrokimia Gresik Bagikan Bingkisan Lebaran untuk 1.300 Tukang Becak

#GRESIK - Total bantuan kali ini mencapai Rp 227,5 juta, berasal dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Petrokimia Gresik.

m taufik
Seribu lebih tukang becak saat berkumpul di GOR Tri Dharma Gresik untuk menerima bingkisan lebaran dari PT PG, Selasa (28/6/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sekitar 1.300 orang tukang becak dari berbagai daerah di Kabupaten Gresik tumplek-blek di kompleks SOR Tri Dharma Gresik, Selasa (28/6/2016).

Para pengayuh becak itu berkumpul di sana untuk menerima bingkisan lebaran dari PT Petrokimia Gresik (PG).

Sejak siang, satu persatu abang becak masuk ke kompleks SOR Tri Dharma. Oleh petugas, mereka langsung disuruh menuju halaman belakang untuk memarkir becaknya, kemudian diarahkan masuk ke dalam gedung.

Begitu masuk, mereka langsung diberi bingkisan oleh petugas yang berjaga di pintu utama. Satu tukang becak mendapat satu bingkisan dalam sebuah tas plastic yang berisi uang Rp 100.000, kain sarung, serta paket konsumsi untuk berbuka puasa.

“Acara bagi-bagi bingkisan lebaran inilah yang paling ditunggu para tukang becak setiap bulan Ramadan, mendekati Lebaran Idul Fitri. Sebab, kegiatan seperti ini berlangsung rutin setiap tahun,” kata Aziz, seorang tukang becak yang ikut menerima bingkisan tersebut.

Sebagian tukang becak sudah beberapa kali merasakan bingkisan lebaran ini, tapi sebagian lain baru pertama kali ini mendapatkannya. Seperti Karsadi, tukang becak yang biasa mangkal di perempatan Pasar Baru Gresik, mengaku baru kali ini ikut acara bagi-bagi bingkisan lebaran PG.

“Baru kali ini saya ikut. Saya tahunya dari teman-teman bahwa setiap tahun pas menjelang lebaran ada acara bagi-bagi di Petro (Petrokimia Gresik). Lumayan, dapat uang dan kain sarung,” jawab pria paro baya tersebut di sela acara.

Saat seribu lebih abang becak itu berkumpul, mereka sempat karaoke bersama sambil menunggu acara ceremonial dimulai. Tak hanya itu, ada juga sejumlah kuis berhadiah yang digelar oleh panitia untuk para tukang becak yang hadir.

Tebak-tebakan nama pejabat PG, nama jalan di Gresik dan beberapa kuis ringan lain menjadikan suasana semakin meriah. Sampai akhirnya, ceremonial digelar dengan sambutan dari pejabat PG dan pejabat Polres Gresik, yang ditutup dengan doa.

Setelah itu, para tukang becak pun membubarkan diri. Mereka dengan tertib keluar area SOR Tri Dharma dari pintu samping.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban abang becak dan keluarga dalam menambut Hari Raya Idul Fitri,” ujar Wahyudi, Sekretaris Perusahaan PT PG.

Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan upaya PG untuk berbagi kebahagian bersama abang becak di sekitar perusahaan. Total bantuan yang disalurkan kali ini mencapai Rp 227,5 juta yang berasal dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT PG.

Angka ini meningkat dibanding tahun lalu, yakni pembagian bingkisan untuk 1.113 orang tukang becak dengan total anggarannya mencapai Rp 173 juta.

Kegiatan ini semakin menambah daftar penajang pemberian bantuan PG untuk masyarakat sekitar perusahaan pada Ramadan tahun ini. Sebelumnya, telah dikucurkan bantuan operasional untuk masjid dan mushola sebesar Rp 445 juta, pondok pesantren dan panti asuhan Rp 100 juta, pasar murah Rp 1,1 miliar, dan santuan anak yatim sebesar RP 360 juta.

“Setelah ini juga masih ada beberapa kegiatan lain untuk warga sekitar. Seperti beasiswa prestasi, lomba futsal antar SMA, Petro Agrifood Expo, dan beberapa kegiatan lain,” pungkasnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved