Breaking News:

Berita Sura

Terkait Anggapan Persebaya Kurang Dukungan Pemkot, Kadispora: APBD Tak Bisa untuk Klub Profesional

Dalam Bab 5 Pasal 25 Permendagri Nomor 37 Nomor 2012 menyebutkan 'Pendanaan untuk organisasi cabang olahraga profesional tidak dianggarkan dalam APBD.

surya/monica felicitas
Perscon oleh Dispora Kota Surabaya, di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Senin (20/6/2016). 

SURABAYA.co.id | SURABAYA - Terkait rumor Persebaya Surabaya kurang mendapat dukungan Pemkot Surabaya disikapi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya, M Afghany Wardhana.

Dia menjelaskan pendanaan klub olahraga profesional di antaranya klub sepak bola dan penggunaan dana Anggaran Pembelanjaan Biaya Daerah (APBD) adalah dua hal berbeda.

"Artinya, dana APBD tidak bisa dialokasikan ke klub-klub profesional," tegasnya saat ditemui dalam prescon Dispora di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Senin (20/6/2016).

Afghany menegaskan, di dalam Bab 5 Pasal 25 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 37 Nomor 2012 menyebutkan 'Pendanaan untuk organisasi cabang olahraga profesional tidak dianggarkan dalam APBD karena menjadi tanggung jawab induk organisasi cabang olahraga dan atau organisasi olahraga profesional yang bersangkutan'.

Sebelumnya, aturan mengenai larangan tersebut, juga sudah dituangkan di Permendagri Nomor 22 Tahun 2011 tentang pedoman penyusunan APBD 2012.

Afgany menambahkan, terkait dengan pembinaan olahraga profesional, termasuk juga klub sepak bola, ada aturan yang ditaati.

"Kami berharap media bisa memberikan informasi kepada publik bahwa aturan itu yang membuat Pemkot Surabaya tidak bisa secara langsung ada di dalamnya klub sepak bola profesional,” tegas Afghany.

Meski tidak mengucurkan anggaran APBD, hal tersebut tidak mengurangi komitmen Pemkot Surabaya untuk memajukan olahraga di Surabaya.

Afgany mengatakan, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sangat perhatian terhadap pembinaan olahraga di Surabaya. Dia mencontohkan, untuk sepak bola, Pemkot rutin menggelar turnamen sepak bola kelompok usia Piala Wali Kota Surabaya.

Tahun lalu, Pemkot Surabaya menggelar turnamen sepak bola kelompok usia (KU) U-12 dan U-14.

Halaman
12
Penulis: Monica Felicitas
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved