Berita Sidoarjo

Tersandung Kasus Ijazah Palsu, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Tetap Menjabat

"Yang bersangkutan tetap menjabat sebagai wakil saya dan mendapatkan hak-haknya sebagai anggota dewan secara penuh," kata Nurmawan kepada Surya (TRIBU

SURYA.co.id | SIDOARJO - Meski berstatus tersangka dan berkas perkara kasus dugaan ijazah palsu sudah lengkap, posisi jabatan M Rifa'i sebagai Wakil Ketua DPRD Sidoarjo tetap aman.

Hal itu ditegaskan Ketua DPRD Sidoarjo, Sulamul Hadi Nurmawan, saat mengomentari berkas perkara Rifa'i yang sudah dinyatakan P-21 oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo.

Nurmawan mengatakan kasus yang membelit koleganya tak berpengaruh terhadap posisi jabatan Rifa'i.

"Yang bersangkutan tetap menjabat sebagai wakil saya dan mendapatkan hak-haknya sebagai anggota dewan secara penuh," kata Nurmawan kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Minggu (19/6/2016).

Nurmawan menuturkan pihaknya bersikap demikian karena aturan Tata Tertib (Tatib) DPRD Sidoarjo menyatakan demikian.
Dijelaskan seorang anggota dewan yang terbelit kasus hukum akan masih terus menjabat sampai ada kekuatan hukum tetap yang mengikat.

Atas dasar itu, pihaknya menegaskan Rifa'i masih sah sebagai Wakil Ketua DPRD Sidoarjo meski saat ini menjadi tersangka dan akan menghadapi meja pengadilan.

"Kalau belum ada kekuatan hukum tetap yang mengikat, yang bersangkutan belum bisa diberhentikan. Tatibnya mengatur demikian," sambungnya.

Tatib tersebut disepakati untuk mengedepankan asas praduga tak bersalah.

Kendati demikian, politisi PKB ini mengaku tetap mengawasi dan mengawal kasus ini agar dilakukan secara prosedural dan proporsional.

"Biarkan kasusnya berproses sesuai koridornya. Kami tetap memantau," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved