Lebaran 2016

Anda Mau Mudik? Barang-barang ini Jangan sampai Lupa

Peralatan mobil seperti kunci-kunci, dongkrak, tali derek, kotak P3K, senter kecil dan pastikan kondisi ban serep dalam kondisi baik.

Anda Mau Mudik? Barang-barang ini Jangan sampai Lupa
surya/wiwit purwanto
Petugas membersihkan bagian kemudi mobil sebelum dibuat mudik. 

SURYA.co.id | SURABAYA  - Mudik memerlukan persiapan, apalagi mudik dengan kendaraan pribadi.

Ada baiknya barang-barang berikut bisa dipersiapkan di dalam kendaraan Anda sebelum mudik :

1. Peralatan mobil seperti kunci-kunci, dongkrak, tali derek, kotak P3K, senter kecil dan pastikan kondisi ban serep dalam kondisi baik.

2. Peta jalur mudik, sederhana tapi penting untuk melengkapi perjalanan, apalagi ada informasi lokasi SPBU (pom bensin), ATM, tempat istirahat, serta jalur-jalur rawan dan alternatif. Lebih-lebih jika sudah ada pemandu GPS (Global Positioning System).

3. Nomor telepon penting, nomor-nomor penting seperti: pos polisi, jasa marga, info jalan tol, dan jaringan bengkel resmi sangat membantu jika ada masalah di perjalanan.

4. Kondisi fisik , pastikan kondisi yang fit, terutama bagi pengemudi, bila daya tubuh sedang tidak fit, akan mengurangi daya konsentrasi apalagi bila Anda mengendarai mobil sendirian.

5. Packing barang, urutkan barang dan muatan sesuai skala prirotas. Barang yang kemungkinan dibutuhkan setiap saat di dalam perjalanan sebaiknya diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Agar tidak perlu lagi bongkar-muat tiap kali dibutuhkan.

6. Jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalanan.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved