Citizen Reporter Spesial Ramadan

Mau Isi Bensin 2 Liter Gratis? Ngaji Dulu di SPBU Talok, Turen

Pertamax 2 liter gratis ini berlaku kelipatannya lho mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB hanya di SPBU Talok, Turen, Malang selama Ramadan...

Mau Isi Bensin 2 Liter Gratis? Ngaji Dulu di SPBU Talok, Turen
skitter
ilustrasi 

Reportase : Rudi Yuliarso
Mahasiswa UIN Maliki Malang

BERBAGAI cara bisa ditempuh untuk mengajak orang lain meningkatkan ibadah. Meski berbau iming-iming, tetapi tak ada salahnya jika itu untuk kebaikan. Kira-kira seperti itulah yang ditawarkan pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Desa Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang ini.

SPBU Talok menawarkan dua liter Pertamax 92 gratis bagi siapa saja mau mengaji satu juz. Yang lebih menggiurkan, tawaran itu berlaku untuk kelipatannya. Artinya, jika mengaji dua atau tiga juz, maka tangki kendaraan bisa terisi empat hingga enam liter Pertamax biru tanpa harus bayar.

Manager SPBU Talok, Keris Arissyah Halley mengungkapkan, program promosi itu terinspirasi salah satu SPBU di Ngawi, Jawa Timur.

”Program tersebut sempat diperbincangkan para Netizen dan banyak yang merespons positif. Setelah berkoordinasi dengan Pertamina, akhirnya kami ikuti di sini,” ujar Halley.

Dan ngaji gratis Pertamax itu baru diberlakukan hari ke empat atau Kamis (9/6/2016) lalu. Sehingga belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. Menurut Halley, pihak SPBU tidak melakukan pembatasan bagi warga yang ingin mengaji. Hanya saja, kuota yang disediakan di SPBU ini per hari untuk 30 juz atau sekitar 60 liter.

”Hari ini (kemarin) ada dua orang yang mengaji,” terang alumnus Universitas Brawijaya (UB) ini.

Untuk memfasilitasi warga, pihaknya menyediakan mushaf Al Quran dan seorang hafiz (penghafal Al Quran) dari pondok pesantren setempat. Merekalah yang akan mendampingi warga selama mengaji. ”Ngajinya juga kami perdengarkan dengan pengeras suara sehingga semua yang beraktivitas di SPBU ikut kebagian pahala mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran,” tambahnya.

Menurut pria asli Turen itu, kegiatan bertajuk Gerakan Turen Mengaji ini murni merupakan sedekah dari SPBU terhadap pelanggan. Sepanjang Ramadan, warga bisa mengaji mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB atau selama delapan jam.

Untuk diketahui, setiap harinya, konsumsi Pertamax di SPBU tersebut antara 4.000 hingga 5.000 liter.
Dan program itu disambut baik warga sekitar. ”Baru tahu ada kegiatan ini. Karena tadi dari sawah jadi nggak bisa ikut. Mungkin nanti atau besok,” ujar Sobar, salah satu warga yang sedang mengisi ulang bahan bakar di SPBU Talok.

Buruaan ngaji di SPBU Talok

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved