Berita Kampus Surabaya

Robot Medis Mahasiswa Unair ini Mampu Sterilkan Kamar Operasi, Begini Cara Kerjanya

Karena kreasi baru, karya mereka ini lolos penilaian dan berhasil menerima dana hibah dari Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Robot Medis Mahasiswa Unair ini Mampu Sterilkan Kamar Operasi, Begini Cara Kerjanya
surya/sulvi sofiana
Lima mahasiswa Vokasi Unair perancang Robot LUVIZER saat foto bersama, Rabu (8/6/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Berkembangnya isu patient safety akhir-akhir ini banyak disorot dunia kesehatan.

Tanggapan secara tepat demi meningkatkan mutu pelayanan dan mengurangi risiko kecelakaan (malapraktik) sangat diperlukan dalam hal ini.

Untuk itu, lima mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) menciptakan robot medis yang mampu mensterilkan kamar operasi (kamar bedah).

Mereka yaitu, Akhmad Afrizal (20), Mokhammad Deny (21), Mokhammad Dedy (21), Rizky Altryara (21), dan Pratama Bagus (21).

Robot ini mereka gunakan untuk tahunan Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) 2016 dengan judul ”LUVIZER (Line Ultraviolet Sterilizer) Artificial Device Pengoptimalisasi Daya Germisidal Sinar UV (Ultraviolet Germicidal Irradiation) Sebagai Alat Pensteril Kamar Operasi”.

Karena kreasi baru, karya mereka ini lolos penilaian dan berhasil menerima dana hibah dari Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI).

“Sisi steril kami angkat karena semua hal yang ada dan akan digunakan di ruangan bedah harus steril. Dengan sterilisasi sekaligus sebagai upaya menghindarkan pasien dari kontaminasi bakteri maupun virus,” terang Afrizal.

Jika tidak steril, lanjutnya, maka dapat mengganggu kelancaran proses bedah yang dilakukan petugas medis serta meningkatkan resiko kegagalan dalam proses pembedahan, seperti terjadinya infeksi akibat bakteri udara.

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang bio engineering, pilihan dengan robot medis bernama LUVIZER dirasa sangat efektif.

Robot sterilisasi ini merupakan gabungan dari robot line follower dengan alat sterilisasi manual yang dapat dikontrol jarak jauh secara digital menggunakan controller arduino, sehingga dapat melakukan desinfeksi ruang operasi.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved