LIPI : Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Saat Ini Belum Optimal dan Merata

Menurut dia pemanfaatan energi baru terbarukan saat ini belum optimal dan merata di seluruh Indonesia.

LIPI : Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Saat Ini Belum Optimal dan Merata
youtube/GREENPOWERSCIENCE
Ilustrasi, kompor tenaga surya berbahan murah. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain mengatakan metrologi memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas energi baru terbarukan.

"Dengan metrologi ketersediaan energi baru terbarukan menjadi terukur, efisiensi meningkat, distribusi energi lebih adil dan tepat sasaran dari sisi kuantitas maupun kualitas," kata Iskandar dalam Konferensi Nasional Pertemuan PP KIM sekaligus Peringatan Hari Metrologi Dunia di Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Iskandar mengatakan, bantuan metrologi yang tepat dapat mengoptimalkan sumber-sumber energi baru terbarukan seperti angin, tenaga surya, air, biomassa, biofuel, gelombang laut, dan panas bumi.

Menurut dia pemanfaatan energi baru terbarukan saat ini belum optimal dan merata di seluruh Indonesia karena permintaan dan wilayah geografis.

"Pemanfaatan bioenergi pun masih dibayang-bayangi isu deforestasi dan kebijakan lahan, khususnya untuk perkebunan sawit," kata Iskandar.

Iskandar menuturkan potensi energi baru terbarukan yang memungkinkan untuk ditingkatkan ialah tenaga surya.

Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Bambang Subiyanto menambahkan potensi tenaga surya akan tergarap maksimal bila didukung dengan penelitian teknologi baru yang lebih efisien dan murah.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Editor: Titis Jati Permata
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved