Berita Surabaya

200 Perusahaan Buka 10.000 Lowongan Melalui Job Fair di Surabaya, Ini Lokasinya

#SURABAYA - Sesuai data yang disampaikan Disnakertrans Jatim, saat angka pengangguran di Jatim mencapai 840.000 orang.

200 Perusahaan Buka 10.000 Lowongan Melalui Job Fair di Surabaya, Ini Lokasinya
habibur rohman
ARSIP - Pengunjung memadati area Bursa Kerja Terbuka di Gedung Wanita Kalibokor, Surabaya, Selasa (17/5/2016). 

SURYA.co.id | SURABYA - Ratusan ribu warga Jatim saat ini tengah menganggur atau tanpa pekerjaan. Mereka tersebar di seluruh Jatim dengan mayoritas di daerah pinggiran.

Sesuai data yang disampaikan Disnakertrans Jatim, saat angka pengangguran di Jatim mencapai 840.000 orang.

Atau jika diprosentasi jumlah penduduk di Jatim, saat ini total warga yang hidup tanpa pekerjaan sebanyak 4,14 persen dari jumlah penduduk di Jatim.

"Jumlah itu kan bertambah seiring masa lulusan sekolah," kata Kepala Disnakertrans Jatim Sukardo di tengah-tengah acara Job Fair yang dia gelar di di JX International, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa (24/5/2016).

Besok akan ada sekitar 480.000 lulusan SMA dan SMK di Jatim. Sebanyak 40 persen di antaranya tidak melanjutkan studi atau kuliah.

Artinya sekitar 200.000 adalah pengangguran baru. Jika ditambah 840.000 yang nganggur maka ada 1 juta orang Jatim tanpa pekerjaan.

"Salah satu untuk mengurangi pengangguran itu ya dengan job fair begini. Ini job fair terbesar, diikuti 200 perusahaan. Lowongan mencapai 10.000 orang," kata Sukardo.

Mulai perusahaan jasa perbankan, otomotif, kosmetik, makanan dan minuman, industri media, farmasi, transportasi, serta beberapa bidang kerja lainnya. Bahkan jika ingin jadi TKI juga dilayani dengan menyediakan booth khusus.

Beberapa balai latihan kerja juga menyediakan kesempatan bagi pencari kerja yang ingin terampil bekerja. Begitu juga bagi pencari kerja yang ingin berwirausaha juga disediakan booth khusus yang akan membimbing mereka.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved