Reportase dari Korea

Sua Presiden Jokowi di Negeri Ginseng

bisa bertemu Presiden Joko Widodo di Korea? "Wow itu sesuatu banget!" ...inilah reportase Sisca, mahasiswa UK Petra Surabaya, langsung dari Korea...

Sua Presiden Jokowi di Negeri Ginseng
fransisca stefanie chandra/ citizen dokumentasi
Penulis, Fransisca Stefanie Chandra sua Presiden Jokowi di Korea 

Reportase : Fransisca Stefanie Chandra
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UK Petra Surabaya/tengah menempuh pendidikan di Universitas Dongseo Korea

STUDI di negeri ginseng Korea bukan karena tanpa alasan. Berkelana melewati ribuan kilometer, jauh dari keluarga, demi meraup masa depan. Kisah bahagia dan haru terkumpul kian tebal dalam lembar catatan personal. 

Salah satu catatan termanis dan terindah terjadi di hari Minggu, 15 Mei 2016 saat Presiden Joko Widodo bertolak dari Bali menuju Korea untuk menjawab undangan Presiden Korea Selatan.

Tak pelak, hal ini menjadi momen kebersamaan warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Korea. Sekitar 1.300 WNI, pelajar dan pekerja dari berbagai sudut Korea pun berdatangan dan berkumpul di Hotel Lotte, Seoul dalam acara Spesial Forum with President Jokowi.  

Mereka rela berdesakan demi bisa bertemu, bersalaman dan syukur-syukur bisa berfoto bersama pemimpin sederhana yang biasa disapa Jokowi ini. Ketika akhirnya pertemuan terjadi, ada beberapa hal yang disampaikan Presiden Jokowi dalam forum temu kangen ini. Antara lain agar warga Indonesia memiliki jiwa kompetitif yang besar karena persaingan global semakin ketat.

Apalagi saat ini pemerintah Indonesia gencar melakukan pembangunan di berbagai daerah karena pemerintah menginginkan adanya pemerataan di seluruh daerah di Indonesia.

Dan saat audiens bertanya masalah terbesar yang saat ini dihadapi presiden dan Pemerintah Indonesia, Jokowi menjawab korupsi. Memberantas korupsi menjadi tantangan terbesar yang dihadapi pemerintah.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi berharap, seluruh lapisan masyarakat harus saling bahu membahu memberantas korupsi ini.

Selain itu, Presiden Joko Widodo menekankan kepada WNI yang ada di Korea agar mereka bangga pada negara sendiri, karena Indonesia adalah negara besar. Jokowi juga mengingatkan tipikal orang Indonesia yang memiliki kelebihan cepat belajar sehingga mampu menyerap hal terbaru di dunia.

Terkait dengan pertumbuhan ekonomi saat ini, Jokowi mengaku optimistis, walau keadaan ekonomi Indonesia sedang kurang baik.

“Karena yang penting adalah eksekusi, mulai, cek, dan kontrol,” urai mantap Presiden Indonesia, Jokowi. 

 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved