Berita Mojokerto

Pemkot Mojokerto Kembangkan Jalur Sepanjang 10 Km Hubungkan Surodinawan - Pulorejo

"Ini juga untuk mengembangkan kota, karena selama ini kemacetan sering terjadi di wilayah timur," ujarnya.

Pemkot Mojokerto Kembangkan Jalur Sepanjang 10 Km Hubungkan Surodinawan - Pulorejo
kompas.com/andi
foto ilustrasi proyek pembangunan jalan. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Pengembangan kota dan memecah kepadatan lalu lintas di Kota Mojokerto barat, membuat pemkot mengembangkan jalur lintas barat.

Jalur lintas barat itu akan menghubungkan Surodinawan hingga Pulorejo sepanjang 10 km dan mulai digarap 2017.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Mojokerto, Heryana Dodi Murtono menjelaskan, pengembangan jalur lintas barat ini sebenarnya untuk memecah arus lalu lintas di Jalan By Pass dan Jl Brawijaya. Kemacetan selalu terjadi di dua area itu.

"Ini juga untuk mengembangkan kota, karena selama ini kemacetan sering terjadi di wilayah timur," ujarnya kepada Surya.co.id, Jumat (20/5/2016).

Diuraikan, pengembangan jalur lintas barat ini akan mempercepat waktu berlalu lintas, mulai dari Surodinawan hingga Pulorejo. Jalur itu akan bertemu di titik perumahan Surodinawan dan berakhir di daerah Kauman, Pulorejo.

"Ini akan menjadi jalan alternatif utama bagi pengendara di wilayah barat," katanya.

Adapun pengembangan jalur lintas barat saat ini sudah masuk rencana strategis (renstra) dan rencana kerja (renja) pada tahun ini.

Pengembangan ini akan diwujudkan dengan bakal dibuatnya Detail Engineering Design (DED) pada akhir tahun ini.

"Pengembangan jalur lintas barat juga akan masuk dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun ini juga. Hanya saja, saya tak hafal besar nilai anggarannya," ujarnya.

Begitu DED selesai dibuat, maka mulai 2017 mendatang pembangunan jalur lintas barat akan dimulai. Sesuai rencana, pembangunan akan memakan waktu sekira dua tahun dan tuntas pada 2019 .

"Untuk saat ini pengembangan jalur ini ada di Bappeko. Sedangkan pembangunan akan dilakukan Dinas PU Cipta Karya," pungkasnya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved