Atletik

Atletik Jatim Kirim 28 Atlet dalam Turnamen di Bangka Belitung

#SURABAYA - Sebanyak 28 dari 29 atlet Jatim pun dikirimkan pada turnamen bertajuk Kejuaraan Atletik Laskar Pelangi Open (KALPO) 2016, 19-23 Mei.

Atletik Jatim Kirim 28 Atlet dalam Turnamen di Bangka Belitung
Bobby Constantine Koloway
Atlet atletik Jatim saat mengikuti kejuaraan Jatim Open akhir April lalu. Sebagai lanjutan uji coba, mereka pun melakukan uji coba di Provinsi Bangka Belitung. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengrov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jatim mengirimkan hampir seluruh atletnya untuk mengikuti kejuaraan di Provinsi Bangka Belitung, Rabu (18/4/2016).

Sebanyak 28 dari 29 atlet Jatim pun dikirimkan pada turnamen bertajuk Kejuaraan Atletik Laskar Pelangi Open (KALPO) 2016, yang akan berangsung 19-23 Mei 2016.

Manajer tim atletik Jatim untuk PON Jabar 2016, Joko Sudargo, mengungkapkan,  try out kali ini merupakan jadwal jangka panjang yang telah ditetapkan PASI Jatim sebagai ajang uji kemampuan menjelang pelaksanaan PON September mendatang.

"Ini satu rangkaian dengan (try out) yang di Jatim (Jatim Open) dan di Singapura. Selain itu, kemungkinan besar ini adalah try out terakhir menjelang ajang PON nanti," ujar pria yang akrab dipanggil Dargo kepada SURYA.co.id, menjelang keberangkatannya dan timnya, Rabu (18/5/2016).

Satu-satunya atlet yang tak dapat mengikuti kejuaraan ini adalah Serafi. Atlet putri yang turun di 100 m ini gagal berangkat akibat dalam kondisi kurang fit.

"Kami tak bisa mengizinkannya karena dia dalam kondisi tak optimal. Terlalu beresiko apabila kami memaksakan dia untuk turun," lanjut Dargo.

Dia pun tak memasang target terlalu tinggi pada try out kali ini. Sebab, try out ini hanya digunakan sebagai evaluasi pasca latihan yang selama ini dilakukan.

Pihaknya mengaku hanya membebankan delapan medali emas yang kemungkinan akan dibawa pulang. Target jumlah medali yang juga dibebankan KONI Jatim pada PON mendatang.

"Ini kan bukan (try out) yang pertama. Kami akan melihat sejauh mana perkembangannya. Kalau peserta dari daerah lain ikut, tentu kami tak bisa menargetkan hasil terlampau tinggi. Kami akan melihat pesertanya terlebih dahulu," ujar pria yang juga mantan atlet lempar galah tersebut.

Dikonfimasi secara terpisah, kordinator pelatih atletik Jatim, Purwadi, juga mengungkapkan bahwa kejuaraan ini juga akan digunakan pihaknya untuk mengetahui kekuatan lawan di masing-masing provinsi.

"Kalau tak salah ada beberap provinsi lain yang juga ikut. Misalnya DKI Jakarta, Jabar, Jateng, NTB, dan Sumbar. Ini kan juga sekaligus dapat digunakan untuk "mengintip" kemampuan masing-masing provinsi," tandas Purwadi.

Di sisi lain, para atlet pun mengaku antusiasnya mengikuti turnamen ini. Satu di antranya, Anisa Dakwah.

"Atlet yang turun kemungkinan akan semakin banyak dan lawan akan semakin beragam. Tentu ini akan semakin menarik," ujar atlet lari gawang itu kepada SURYA.co.id di hari yang sama. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved