Pasar TV LED Jawa Timur Menjanjikan, Sebulan Tembus 40.000 Unit

#Surabaya - Pasar produk televisi LED di Jawa Timur mencapai 30 ribu hingga 40 ribu unit.

Pasar TV LED Jawa Timur Menjanjikan, Sebulan Tembus 40.000 Unit
Kompas.com
Panasonic 

SURYA.co.id I SURABAYA - Produsen televisi light-emitting diode (LED) terus bersaing mengeluarkan varian baru. Ini seiring masih potensialnya pasar elektronik di Jatim, khususnya Surabaya dan sekitarnya.

Branch Manager Surabaya PT Panasonic Gobel Indonesia, Fransiscus Porasi Karyadi mengatakan, setiap bulan pangsa pasar produk televisi LED di Jatim mencapai 30 ribu hingga 40 ribu unit.

Dengan besarnya pasar ini, Panasonic memperkirakan tahun ini kenaikannya mencapai 130 persen.

Selain karena perekonomian yang kian membaik, kondisi tersebut juga dipicu perpindahan budaya masyarakat dari menggunakan TV tabung ke TV jenis LED.

"Apalagi saat ini, pertumbuhan apartemen dan perumahan di Jatim juga sangat besar, mencapai 30 persen," ujarnya, Kamis (12/5/2016).

Melihat potensi tersebut, PT Panasonic Gobel Indonesia makin gencar memperbesar penjualannya dengan meluncurkan produk baru, TV Viera 4K Pro yang dilengkapi berbagai keungggulan.

Seperti, teknologi Hexa Chroma Drive, local dimming dan super brightness sehingga menampilkan gambar yang kontras, kecerahan luar biasa, kepekatan dan gradasi warna hitam yang optimal serta warna yang menakjubkan.

Keberadaan produk baru yang dibanderol Rp 30 juta ini diyakini dapat menarik konsumen kelas atas Jatim.

"Kami menargetkan per bulan, penjualan TV LED Panasonic di Jatim mencapai 5.000 unit. Naik dibanding tahun lalu yang terjual antara 2.000 sampai 3.000," terang Fransiscus.

Meski optimis tumbuh, kontribusi pasar TV untuk kelas menengah atas terhadap penjualan Panasonic memang lebih kecil dibanding menengah bawah. Jika kelas menengah bawah menyumbang 60% hingga 70%, kelas menengah atas hanya berkisar 30% sampai 40%.

"Tapi secara umum, dari total revenue yang dihasilkan, setiap tahun permintaannya terus tumbuh sekitar 10 persen," imbuhnya.

Khusus TV LED untuk kelas atas, pihaknya, lanjut Fransiscus, menargetkan dapat menjual sekitar 800 unit per bulan. Naik dibanding tahun lalu yang mencapai 400 - 500 unit.

"Selain karena permintaan naik, kami juga berusaha mengambil pasar dari kompetitor kami dengan produk yang inovatif dan sesuai permintaan konsumen," pungkasnya.(*)

Penulis: Mujib Anwar
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved