Reportase dari Kroasia

Inilah Surga Avatar yang Sebenarnya

perbukitan hijau, hutan asri, air terjun, danau, dan gua di mana-mana, inilah Avatar on Earth di benua biru yang pesonanya mengilhami film Avatar

Inilah Surga Avatar yang Sebenarnya
imron w harits/citizen
Salah satu sudut Plitvicka Jazera, surga Avatar di Kroasia 

Reportase : Imron Wakhid Harits
Pegiat Literasi

INILAH tempat terindah di benua biru yang acap disebut nirwananya Eropa. Berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Zanreb, ibu kota Kroasia, Plitvicka Jazera menyuguhkan harmonisasi alam yang begitu menawan.

Saat sebagian besar kota di Eropa menawarkan tempat wisata berupa gedung tua dengan segala keunikannya. Atau, kota dengan sungai–sungainya yang bersih, tempat ini serasa membawa Eropa ke belahan dunia yang lain.

Dengan perbukitan menghijau dikelilingi hutan yang asri, Plitvicka Jazera menjadi tempat ideal untuk melepaskan segala penat, karena udaranya yang benar–benar segar.

Sebelum memasuki areal taman nasional Plitvicka Jazera sebaiknya pertimbangkan berapa lama ingin bertualang di sini. Karena, ada empat pilihan petualangan sesuai luas areal yang ada. Untuk tipe A dengan waktu tempuh 2-3 jam untuk menjelajahi areal seluas 3.500 meter persegi.

Tipe B, di areal 4.000 meter persegi dengan waktu tempuh 3–4 jam, tipe C menjelajah areal 8.000 meter persegi selama 4–6 jam, dan tipe D jelajah di areal 18.300 meter persegi selama 6–8 jam.

Meski Kroasia anggota Uni Eropa namun mata uang Euro tidak digunakan di sini. Namun, tersedia jasa penukaran uang di dekat pintu masuk taman nasional. Atau pembayaran tiket bisa dilakukan dengan memakai kartu kredit.

Tiket masuk sekitar 120 Kuna, mata uang Kroasia (1 Euro sekira 12-13 Kuna) untuk umum dan akan mendapat potongan harga bagi pelajar atau mahasiswa. Harga tiket tersebut untuk menikmati semua fasilitas yang ada di taman nasional. Misalnya untuk naik ferry juga tram.

Cukup dengan menunjukkan tiket masuk ke petugas dan akan diberi stempel. Tak masalah mau berapakali naik ferry dan tram, tiket tersebut tetap berlaku pada hari itu. Jadi simpan tiket dengan baik.

Begitu masuk ke taman nasional Plitvicka Jazera, pengunjung langsung disuguhi panorama alam dengan latar tebing pegunungan yang kokoh melingkupi danau yang airnya sebening kristal dan berdindingkan air terjun.

Melanjutkan perjalanan berikutnya, pengunjung akan menuruni perbukitan dan melewati gua alam yang menembus masuk ke danau tingkat satu. Dari danau terbawah inilah petualangan alam yang seru dimulai. Di sini terdapat 16 danau dengan letak bertingkat menjadikan petualangan menyusurinya sangat menantang karena perpaduan habitat alam nan asri yang menakjubkan.

Pengunjung juga tak perlu risau dengan jalanan setapak saat menyusuri danau karena tersedia jalanan dari kayu. Terkadang juga batu terstruktur sangat rapi sehingga tak perlu khawatir alas kaki akan kotor karena lumpur atau tanah.

 

Avatar on Earth

Menyusuri danau–danau tersebut pengunjung disuguhi ratusan air terjun dari yang pendek dan kecil hingga yang tinggi dan besar ukurannya. Belum lagi vegetasi alam dengan bunga beraneka warna dan tumbuhan beragam jenis yang masih sangat terjaga.

Begitu jernihnya air danau di Plitvicka Jazera, pengunjung bisa melihat bebatuan di dasar danau, juga ribuan ikan yang berenang kian  kemari. Namun di beberapa danau yang letaknya di tempat yang lebih tinggi tak banyak ditemukan ikan karena airnya sangat dingin.

Untuk menuju ke beberapa danau yang terletak di atas, perlu menggunakan ferry untuk menyeberang. Kapal ferry berkapasitas 100 penumpang itu berbahan bakar listrik, sehingga suara mesinnya sama sekali tak terdengar.

Hanya suara gemericik ratusan air terjun di sekeliling danau yang sampai ke telinga. Jika pengunjung ingin melepas lelah, di beberapa tempat telah disediakan beberapa bangku panjang untuk melepas lelah.

Di areal sekitar danau juga terdapat restoran yang menyediakan makanan dan minuman. Bagi yang berniat membeli suvenir, hanya ada satu tempat dan letaknya juga di dalam areal taman wisata di dekat danau. Tak ada sama sekali toko suvenir di luar area danau.

Usai berpetualang, untuk kembali turun ke pintu masuk awal telah disediakan tram bagi seluruh pengunjung. Tak terasa, berjalan 4-5 jam berpetualang mengelilingi tempat ini terasa begitu cepat.

Taman national Plitvicka Jazera yang telah masuk Unesco heritage sejak 1979 ini sering disebut Avatar on Earth karena panorama alamnya konon menginspirasi film tersebut.

 


 

 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved