Breaking News:

Berita Surabaya

Koperasi Binaan Pemprov Jatim Ekspor 10 Ton Kopi Raja ke Australia

"Saya juga akan ikut jualan selama dua hari," tandasnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Penulis: Mujib Anwar | Editor: Yoni
surya/sugiharto
Menteri Koperasi, Puspayoga (tengah) menunjukkan Kopi Raja yang di ekspor ke Australia saat diberangkatkan di Kantor Dinas Koperasi Jatim, Selasa (3/5/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Upaya Pemprov Jatim membina koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar produknya berkualitas ekspor berhasil.

Ini terlihat dari sukses Koperasi Mukmin Mandiri, Kabupaten Sidoarjo mengekspor 10.000 box atau 10 ton Kopi Raja yang diproduksi ke Melbourne Australia, dengan nilai sebesar Rp 300 juta.

Pemberangkatan ekspor perdana Kopi Raja yang diangkut satu truk kontainer dilakukan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Selasa (3/5/2016) dari halaman Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov Jatim, di Jalan Raya Juanda, Sidoarjo.

Ikut mendampingi pelepasan ekspor perdana dengan tema

"Produksi K-UMKM Jatim merambah pasar global" itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim I Made Sukartha, dan Pimpinan Koperasi Koperasi Mukmin Mandiri, sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Kabupaten Sidoarjo KH Muhammad Zakki.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim I Made Sukartha mengatakan, keberhasilan Koperasi Mukmin Mandiri mengekspor kopi ke Australia merupakan hal yang sangat luar biasa. Karena selama ini, banyak yang tidak percaya produk UMKM bisa bertarung dan menembus pasar global.

"Jadi ini merupakan peristiwa bersejarah," tegasnya.

Jika industri besar asal Jatim yang mengekspor produk kopi ke luar negeri, itu sudah biasa dan jamak terjadi. Tapi kalau UMKM yang melakukan jarang terjadi.

"Makanya keberhasilannya ini akan terus kita dorong, agar produk koperasi dan UMKM lainnya juga mengikuti," imbuhnya.

Made menyebut, sukses Koperasi Mukmin Mandiri mengekspor kopi Raja tak lepas peran Pemprov dalam mendampingi dan memberikan program untuk mereka. Mulai, menyiapkan Cooperative Training House untuk meningkatkan kualitas produk agar memenuhi standar internasional, membantu pembiayaan melalui Bank UMKM, hingga mencarikan pasar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved