Berita Bangkalan Madura

Apa Jadinya jika Jagung Madura Disilangkan dengan Jagung Sulawesi? Mahasiswa UTM Menjawabnya

"Kami lantas mendatangkan beberapa genotip jagung unggul dari Balitsereal Maros (Sulawesi) untuk disilangkan (hibrida) dengan galur unggul Madura."

Apa Jadinya jika Jagung Madura Disilangkan dengan Jagung Sulawesi? Mahasiswa UTM Menjawabnya
surya/ahmad faisol
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi H Mohamad Nasir (baju batik) didampingi Rektor UTM Muhammad Syarif meninjau stan pameran hibrida jagung Madura di Kampus UTM, Selasa (3/5/2016). 

SURYA.co.id | BANGKALAN, MADURA - Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berhasil memanjangkan tongkol jagung Madura.

Hasil riset Program Studi (Prodi) Agro Teknologi sangat prospektif meningkatkan hasil produksi jagung dan menekan angka impor jagung Indonesia.

Riset jagung lokal Madura hasil kerjasama dengan Balitsereal Maros Sulawesi itu secara intensif telah dimulai sejak 2007.

Riset ini mengeksplorasi jagung lokal di seluruh Madura guna mendapatkan tetua yang akan dijadikan varietas unggul.

Hasil eksplorasi mendapatkan 16 kultivar (kelompok jagung lokal dengan kekhasannya) jagung Madura, tiga kultivar ditemukan di Bangkalan, tiga kultivar di Sampang, dua kultivar Pamekasan, dan delapan kultivar di Sumenep.

Dengan menggunakan metode seleksi dan selfing, 16 kultivar jagung lokal Madura itu menghasilkan variasi biji jagung dengan karakter morfologis berbeda pada setiap galurnya.

"Kami lantas mendatangkan beberapa genotip jagung unggul dari Balitsereal Maros (Sulawesi) untuk disilangkan (hibrida) dengan galur unggul Madura," ungkap Peneliti Pemulian Tanaman Jagung Achmad Amzeri dalam Peluncuruan Jagung Varietes Jagung Madura di Kampus UTM, Selasa (3/5/2016).

123456

Ia menjelaskan, persilangan jagung lokal Madura dengan genotip jagung unggul Sulawesi itu tidak serta merta menghilangkan karakter jagung lokal; toleran terhadap kekeringan, rendemennya tinggi, daya simpan lama.

"Hanya meningkatkan produksi saja karena jagung hibrida Madura mempunyai panjang hingga 20 sentimeter. Sebelumnya hanya 7 sentimeter," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved