Proliga 2016

Tim Bola Voli Samator Siapkan Strategi Baru di Final Four

SURABAYA – Tim bola voli putra Surabaya Samator mengusung target tinggi pada ajang final four Proliga 2016 akhir pekan ini.

Tim Bola Voli Samator Siapkan Strategi Baru di Final Four
voliindonesia
Tim bola voli Surabaya Samator berhasil menjadi juara putaran pertama dan berhak mendapat hadiah Rp 15 juta. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Tim bola voli putra Surabaya Samator mengusung target tinggi pada ajang final four Proliga 2016 akhir pekan ini.

Tak tanggung-tanggung, tim asuhan pelatih Ibarsyah Djanu Tjahyono ini akan membidik laga di partai final. Oleh karena itu, untuk mencapai target ini, Ibarsyah pun telah mempersiapkan pemainnya dengan beberapa strategi dan konfigurasi baru.

Menurut Ibarsyah, pengubahan yang dilakukannya bukan berarti bahwa dirinya tak puas dengan permainan timnya di fase regular. Namun, perombakan strategi ini demi memberikan efek kejutan kepada lawan-lawan mereka pada fase Final Four nanti.

”Saya telah menyiapkan tim dengan komposisi dan strategi baru. Ini bukan berarti saya nggak puas dengan penampilan mereka ya. Namun, saya ingin memberikan kejutan kepada lawan-lawan kami,” ujar Ibarsyah kepada SURYA.co.id, Kamis (28/4/2016).

”Pengubahan strategi adalah sebuah hal yang wajar. Permainan harus dinamis. Agar tak mudah terbaca oleh lawan,” lanjut Ibarsyah. Selain itu, pengubahan ini juga sekaligus akan menutup beberapa lubang di timya yang menurutnya, masih menjadi celah lawan dalam mendulang poin.

Sebab, berdasarkan evaluasi yang telah dia lakukan pada fase penyisihan lalu, dirinya masih menyoroti beberapa aspek yang menjadi titik lemah timnya. Meskipun dia tak memungkiri, performa timnya memang sangat maksimal tahun ini. ”Ada tiga aspek yang menjadi evaluasi kami. Pertama, receive. Kedua adalah block. Dan terakhir, service.

Sebenarnya, kami masih kurang dalam beberapa aspek tersebut. Namun, para pemain dapat membayarnya dengan kemenangan. Ini evaluasi penting bagi kami,” ujar pelatih yang juga pernah membawa Samator juara Proliga di tahun 2014 lalu.

Lebih lanjut, timnya tak akan memandang remeh satu tim pun. Sebab, meskipun berstatus sebagai juara grup, Samator masih berpeluang untuk tersandung.”Kalau sudah masuh di final four, semua tim adalah sama. Mereka memiliki kekuatan seimbang. Jadi, kami tak akan memfokuskan satu, dua tim saja. Namun semuanya,” ungkap Ibarsyah.

Meski berlaga sebagai tandang, Ibarsyah juga mengingatkan timnya untuk tetap fokus pada pertandingan dan timnya sendiri. Dirinya pun yakin, timya akan mampu mengatasi tekanan penonton yang bisa saja menyulitkan timnya.

”Kami harus bisa fokus, tanggungjawab, dan membangun koordinasi yang baik. Tim kami saya minta untuk bermain lepas dan tak mempedulikan bermain di kandang siapa dan lawan tim mana,” jelas Ibarsyah.

”Target kami adalah partai final. Jadi, kami harus bisa meminimalkan sekecil apapun peluang lawan yang berpotensi menjadi poin bagi mereka,” tandasnya.

Pada pertandingan pertama di fase final four, Jumat (29/4/2016),Samator akan menghadapi Jakarta BNI 46. Hari berikutnya, ada Palembang Bank Sumsel Babel yang akan menjadi lawan Samator. Sedangkan di hari Minggu (1 Mei 2016), Jakarta Pertamina Energi akan menjadi lawan terakhir Samator. Semua laga akan berlangsung di GOR Citra Arena, Bandung.

Pada fase penyisihan lalu, penampilan Samator memang begitu memukau. Dari sepuluh kali bertanding, mereka sukses mengemas tujuh kemenangan dan sisanya berakhir kekalahan. Mereka pun sukses mengemas 20 poin dan menempatkan mereka berada di posisi teratas klasemen akhir babak penyisihan Proliga 2016

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved