Berita Gresik

Pemkab Gresik Bakal Gelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Gresik Migas, Ini Tujuannya

#Surabaya - Melalui RUPS LB, bakal diambil keputusan terkait lanjut tidaknya perusahaan yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan tersebut.

Pemkab Gresik Bakal Gelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Gresik Migas, Ini Tujuannya
surya/sugiyono
DIRESMIKAN - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menandatangani prasasti peresmian Kantor PT Gresik Migas Power di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Selasa (8/9/2015). 

SURYA.co.id I GRESIK - Pemkab Gresik nggandoli BUMD-nya, PT Gresik Migas. Yang terbaru, Pemkab Gresik sedang bersiap untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB).

Melalui RUPS LB, bakal diambil keputusan terkait lanjut tidaknya perusahaan yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan tersebut.

"Dalam waktu dekat, RUPS LB akan dilaksanakan," ungkap Kabag Perekonomian Pemkab Gresik, Malahtul Fardah, Senin (25/4).

Meski mengakui bahwa kondisi BUMD ini sudah kolaps, Pemkab sebagai pemegang saham terbesar sedang menjajaki beberapa kemungkinan untuk membantu perusahaan ini tetap bisa dilanjutkan.

Kondisi PT Gresik Migas, diakuinya memang masih jauh dari harapan. Namun, dia menyebut bahwa perusahaan ini sebenarnya masih bisa diselamatkan. Diantaranya, dengan cara perubahan regulasi.

Kata dia, pemicu utama keterpurukan Gresik Migas karena aturan dari pemerintah, yakni PP 64/2015 tentang Perubahan Atas PP 61/2009 tentang Kepelabuhan yang menyebut bahwa BUMD tidak boleh menggunakan dana pemerintah.

Selain itu, BUMD yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan harus memiliki modal minimal Rp 1 triliun. “Kami sangat optimistis perusahaan bisa diselamatkan, asal ada solusi terkait regulasi itu,” tandasnya.

Dari hasil pembahasan LKPj Pemkab Gresik, DPRD Gresik menyebut bahwa PT Gresik Samudra sudah tidak bisa dipertahankan lagi, sehingga direkomendasikan untuk segera ditutup.

Selama tiga tahun berdiri perusahaan tersebut tidak menunjukkan adanya perkembangan yang lebih baik, bahkan belakangan juga terungkap bahwa PT Gresik Migas memiliki tanggungan sekitar Rp 1 miliar.

Penulis: M Taufik
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved