Berita Gresik

Laporkan Makelar Jabatan Dapat Hadiah Umroh

Akan saya siapkan hadiah, berupa Umroh atau kenaikan pangkat istimewa bagi PNS. Masyarakat bebas memilih,” tegas Sambari kepada Surya (TRIBUNnews.com

Laporkan Makelar Jabatan  Dapat Hadiah Umroh
Surya/M Taufik
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. 

SURYA.co.id | GRESIK - Desas-desus tentang adanya makelar jabatan di lingkungan Pemkab Gresik semakin santer beredar.

Bahkan, kabar tentang adanya praktik percaloan jabatan itu sampai terdengar langsung di telinga Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Diantaranya, kabar tentang adanya percaloan dalam mutasi pegawai dan pejabat di Pemkab Gresik, kenaikan pangkat PNS (Pegawai Negeri Sipil), mutasi pegawai dan pejabat di SKPD (Satuan Perangkat Kerja Daerah) dan sebagainya.

“Saya mendengar langsung kabar (adanya praktik makelar jabatan di Pemkab Gresik) tersebut dari masyarakat saat saya menghadiri suatu acara. Saya sangat terkejut dan geram atas hal itu,” ungkap Bupati Sambari kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Minggu (17/4/2016).

Terkait penempatan jabatan ataupun mutasi jabatan, dirinya menegaskan bahwa setiap PNS yang ingin naik jabatan harus menunjukan prestasi, dedikasi dan loyalitasnya terhadap pemerintahan.

Atas beredarnya kabar ini, orang nomor satu di Gresik tersebut langsung membuat sayembara.

Bagi siapa yang berani melaporkan praktik percaloan di Pemkab Gresik, akan diberi hadiah berupa Umroh gratis atau kenaikan jabatan strategis jika yang melaporkan itu berstatus sebagai PNS.

"Apabila ada di antara masyarakat umum yang menemukan kasus tersebut, mengetahui pelakunya dengan dilengkapi bukti-bukti yang jelas, segera laporkan kepada saya. Akan saya siapkan hadiah, berupa ibadah umroh atau kenaikan pangkat istimewa bagi PNS. Masyarakat bebas memilih,” tegas Sambari kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Dan terhadap pelaku percaloan, siapapun itu, dirinya berjanji akan memberikan sanksi tegas sebagaimana peraturan yang ada.

Jika terbukti menerima suap dan melakukan tindakan makelar jabatan, jelas akan dijerat sanksi atau ketentuan sebagaimana hukum yang berlaku.

Menurut Sambari, kabar adanya praktik percaloan di Pemkab Gresik itu dapat memperburuk citra pemerintahan yang sedang dipimpinnya.

Selain melanggar ketentuan, praktik seperti ini juga sangat memalukan.

Suyono, Kabag Humas Pemkab Gresik menambahkan, yang sedang menjadi perhatian serius Pemkab Gresik bukan hanya praktik makelar jabatan saja, namun juga tentang percaloan terhadap penerimaan siswa baru maupun pencaloan lainnya yang berbau suap di Gresik.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan langsung ke Bupati Gresik jika menemukan praktik-praktik tidak terpuji itu terjadi di lapangan. Tentunya laporan harus disertai bukti-bukti pendukung.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: M Taufik
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved