Breaking News:

Berita Surabaya

Surabaya Distribusikan 2 Megawatt Listrik dari Sampah ke Rumah Warga

#Surabaya - Penghasilan listrik di Tempat Pembuangan Akhir Benowo cukup besar, yakni mencapai 2 MegaWatt.

antara/aditya pradana putra
Ilustrasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. 

SURYA.co.id I SURABAYA - Pengolahan gas metan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, kota Surabaya, baru menghasilkan daya listrik sebesar 2 MegaWatt (Mw).

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya, Aditya Wasita, saat diskusi di Humas Pemkot Surabaya, Kamis (14/4/2016).

Aditya menyebutkan, hasil listrik ini juga sudah dikerjasamakan dengan PT PLN untuk didistribusikan ke warga. Pengelola dari sampah menjadi listrik dilakukan oleh PT Sumber Organik (SO).

"Pengelolaan sampah menjadi energi listrik dilakukan sejak 2015. Proses pengolahan sampah menjadi listrik yang berjalan saat ini menggunakan sistem landfill Gas. Jadi, dari Sanitary Landfill, gas metan yang dihasilkan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik,” jelas Aditya.

Dari jumlah itu masih ada sisa listrik 8 MegaWatt yang belum diolah. Rencananya sisa ini akan dimanfaatkan dengan menggunakan sistem gasifikasi, yakni dengan sistem pemanasan.

Pengolahan dengan sistem gasifikasi ini belum dilaksanakan, karena perlu mendatangkan peralatan dari luar negeri. Ia memperkirakan sistem tersebut bisa berjalan di akhir tahun 2017.

Ia mengaku, untuk pengolahan sampah menjadi energi listrik, pemerintah kota bekerjasama dengan PT. Sumber Organik, dengan masa kontrak sekitar 20 tahun.

“Setelah masa itu, pengelolaannya akan dikembalikan ke pemerintah kota,” lanjutnya.

Adiyta menjelaskan berdasarkan Perpres 18 Tahun 2016 tentang Percepatan pembangunan Listrik berbasis sampah, ada tujuh daerah yang dijadikan pilot projectnya.

Tujuh daerah itu, meliputi, Surabaya, Jakarta, Tangerang, Bandung, Surakarta, Makasar dan Semarang.

Setelah Surabaya berhasil mengolah sampah menjadi energi listrik, beberapa daerah tersebut melakukan studi banding ke TPA Benowo.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved