Kecelakaan Maut KA vs Innova

Ratusan Perlintasan Kereta Api Tanpa Penjaga, Harusnya Tutup Saja!

#SURABAYA - Ada 10 perlintasan di Surabaya yang tak dijaga sama sekali. Biasanya di akses perumahan baru

Ratusan Perlintasan Kereta Api Tanpa Penjaga, Harusnya Tutup Saja!
surya/sugiyono
PERLINTASAN KERETA API TANPA PENJAGA. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perlintasan kereta api di wilayah Daops 8 Surabaya yang tak berpalang pintu sebanyak 477 titikl.

Bahkan ada 178 perlintasan liar karena tak ada dalam pantauan PT KAI. Sementara, total perlintasan KA di wilayah Surabaya, Sidorjo, Malang, Pasuruan, dan Blitar ini sebanyak 843 perlintasan.

Dari total perlintasan itu, sebanyak 144 perlintasan berpalang pintu dan ada penjaganya. Ada pos PT KAI di lokasi ini. Selain perlintasan ini, ada perlintasan KA yang dijaga pihak ketiga. Bukan dijaga petugas namun dijaga orang resmi dibayar Dishub.

Biasanya, perlintasan itu menuju perumahan dan kampung baru. Perlintasan ini mengantongi izin dari PT KAI dan Dishub. Perlintasan yang demikian sebanyak 44.

kecelakaan

"Petugas kami terbatas. Dari total perlintasan yang ada, kami hanya menyiagakan 2.700 petugas dari total perlintasan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Kamis (14/4/2016).

PT KAI kaget saat mendengar kecelakaan yang terjadi di Sidoarjo. Sebab, kecelakaan mobil Innova di perlintasan rel KA tersebut tergolong luar biasa. Empat orang meninggal dunia.

Belum lama ini, di Sidoarjo juga terjadi kecelakaan yang sama dengan korban meninggal juga.

Suprapto menyebutkan bahwa Sidoarjo memang menjadi perhatian utama dalam keselamatan di perlintasan KA.

Apalagi, palang pintu dan sirine itu bukan alat utama. Hanya alat bantu keselamatan di perlintasan. Yang utama tetap kewaspadaan pengendara kendaraan.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved