Kecelakaan Maut KA vs Innova

Klakson Terus Menerus Untuk Memutus Medan Magnet

“Kalau ada kabel kabel yang gak bagus bisa mengakibatkan terputus aliran listrinya bila ekna medan magnet yang besar,” jelasnya kepada Surya (TRIBUNne

Klakson Terus Menerus Untuk Memutus Medan Magnet
surya/irwan syairwan
Proses evakuasi korban kecelakaan maut di perlintasan KA Desa Golang, Taman, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (13/4/2016) malam. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mendahulukan dan memprioritaskan perjalanan Kereta Api (KA) menjadi hal utama untuk keselamatan bila sedang berada di lintasan KA.

Tidak semua kendaraan roda 4 yang terkena dampak medan magnit yang timbul dari genset KA ini akan mengalami mati mesin.

Komang Ferry, pengamat otomotif mengatakan, mobil yang dengan kondisi kabel kabel kurang bagus saja yang akan mengalami mati mesin.

“Kalau ada kabel kabel yang gak bagus bisa mengakibatkan terputus aliran listrinya bila ekna medan magnet yang besar,” jelasnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Dimana sebagian besar kendaraan roda 4 baik kendaran bensin atau disel sebagian besar sudah menggunakan elektronik dalam sistem pengapian untuk menjalankan mesinnya.

Pada mesin bensin misalnya, pengapian dengan menggunakan platina dan busi, sistem ini akan mati jika terkena medan magnet. Demikian halnya mesin disel yang menggunakan bahan bakar solar.

Pada beberapa mobil sudah menggunakan pompa elektrik untuk menaikkan bahan bakar.

Selama mesin atau disel itu masih bagus menurut Komang Ferry tidak akan masalah jika mesin tiba tiba mati, karena akan dapat di starter kembali.

Tapi kalau ada bagian kabel kabel yang aus maka akan kesulitan untuk menghidupkan lagi mesin yang mati mendadak di area perlintasan rel KA.

Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan menekan klakson terus menerus. Cara ini kemungkinan bisa memutus dan menghilangkan medan magnit. Sehingga mesin bisa kembali dihidupkan.

“Tapi persentasenya sangat kecil, apalagi klakson angin atau terompet jelas tidak bisa diandalkan dan ini juga gambling,” tegasnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Jadi lebih baik tetap waspada setiap di perlintasan KA, baik yang berpalang, ada penjaga maupun tidak ada penjaganya. Kurangi kecepatan dan tengok kanan kiri baru melintas.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved