Breaking News:

Berita Jakarta

Rombongan Istri Anggota DPR Berlibur ke Jepang, Mungkinkah Pakai Uang Pribadi?

#JAKARTA - Foto kunjungan Persaudaraan Istri Anggota DPR (PIA) sebelumnya beredar luas di media sosial dan menjadi perbincangan banyak pihak.

istimewa
Sejumlah istri dari anggota DPR RI saat berada di Jepang. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Liburan sejumlah istri anggota Dewan Perwakilan Rakyat ke Jepang dianggap tak elok dan berpotensi menimbulkan perasaan tidak adil di tengah masyarakat.

Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang menilai, memang hak setiap orang untuk bepergian kemana saja.

Namun, hal ini menjadi sorotan karena yang pergi adalah para istri pejabat publik, yaitu anggota DPR.

"DPR adalah sebuah lembaga yang jadi perhatian semua kalangan. Masyarakat media, semua orang membicarakan mereka. Karena itu maka perilaku anggota DPR harus betul-betul dijaga," ujar Sebastian di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (7/4/2016).

Tidak cuma dirinya sendiri, lanjut Sebastian, termasuk suami atau istrinya yang bukan anggota DPR juga harus betul-betul menjaga perilakunya.

Sebab, yang dilakukan mereka juga akan memengaruhi citra suami atau istrinya yang menjadi anggota DPR.

Selain itu, publik selama ini kerap mengkritisi perilaku hedon politisi. Karena, belakangan banyak diberitakan politisi yang dijebloskan ke bui karena kasus korupsi.

Sementara, yang terlihat di mata publik adalah perilaku hedon menjadi salah satu penyebab korupsi. Perilaku hedon tersebut dapat menimbulkan asumsi di masyarakat bahwa para wakil rakyat tak lagi peduli dengan masalah kemiskinan di sekitarnya.

"Perilaku hedon yang ditunjukkan oleh istri yang gaya ke sana kemari, pamer, tentu tidak elok. Kemudian ini bisa menimbulkan perasaan tidak adil di tengah masyarakat yang buat makan saja susah," imbuhnya.

Sebastian menambahkan, penting pula dicermati apakah kepergian para istri anggota DPR tersebut menggunakan fasilitas negara atau tidak.

Halaman
12
Editor: Yuli
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved