Breaking News:

Berita Gresik

Dana Rp 1,4 Miliar hanya untuk Perencanaan Desain Alun-alun Gresik

Anggaran dari APBD Gresik tahun 2016 ini baru tahap awal dari rencana revitalisasi Alun-alun Gresik

Penulis: M Taufik | Editor: Parmin
surya/sugiyono
Sejumlah anggota FKPPI bersih-bersih Alun-alun Gresik, Rabu (5/8/2015). 

SURYA.co.id | GRESIK – Revitalisasi kawasan alun-alun Gresik menjadi area wisata religi dan heritage bakal menguras uang APBD.

Bayangkan, hanya untuk perencanaannya saja, Pemkab Gresik sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar.

Anggaran dari APBD Gresik tahun 2016 ini baru tahap awal dari rencana revitalisasi Alun-alun Gresik dan perencanaan Islamic Center di lima kecamatan. Total dananya mencapai Rp 905 juta, dan sekarang ini sudah masuk proses lelang.

Selain itu, eksekutif juga telah mengalokasikan dana sekitar Rp 500 juta untuk keperluan pembuatan rencana relokasi dan pembangunan gedung DPRD baru. Gedung wakil rakyat yang selama ini berada di komplek alun-alun bakal dipindah ke kawasan Bunder.

Kendati sejauh ini belum resmi masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) 2016-2021, Pemkab maupun DPRD Gresik telah memastikan bahwa revitalisasi alun-alun tetap dilanjutkan.

“Sebab, pada pembahasan APBD lalu sudah kami masukkan,” kata ketua DPRD Kabupaten Gresik, Abdul Hamid, Kamis (7/4/2016).

Menurut Hamid, program itu juga sudah masuk dalam visi misi Bupati-Wabup Sambari-Qosim pada periode pemerintahan 2016-2021.

“Sehingga, tinggal masalah teknis saja,” sambungnya.

Saat ini, yang perlu segera dikaji adalah skema penganggarannya. Karena program revitalisasi tersebut membutuhkan dana yang sangat besar, opsi yang disiapkan adalah konsep pendanaan multiyears.

Kawasan alun-alun bakal disulap menjadi area wisata religi dan heritage. Gedung DPRD Gresik, kantor Badan Lingkungan Hidup, DInas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, serta sejumlah gedung lain di sana.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved