Pendidikan

Batang Nanas yang Dipandang Sebelah Mata Ternyata Bermanfaat Turunkan Kolesterol

Ia memanfaatkan kandungan senyawa dalam batang nanas, yaitu xylan yang merupakan polisakarida terbesar dalam biomassa batang nanas.

Batang Nanas yang Dipandang Sebelah Mata Ternyata Bermanfaat Turunkan Kolesterol
surya/neneng uswatun hasanah
Vendra mempertunjukkan hasil penelitiannya, obat penurun kolesterol dari batang nanas, Rabu (6/4/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Batang nanas yang selama ini dibuang dan menumpuk sebagai limbah ternyata berkhasiat untuk tubuh, seperti menurunkan kolesterol dan meningkatkan imunitas.

Khasiat tersebut diteliti oleh Vendra Setiawan SFarm MFarm Apt untuk meraih gelar master di Universitas Surabaya (Ubaya).

Ia memanfaatkan kandungan senyawa dalam batang nanas, yaitu xylan yang merupakan polisakarida terbesar dalam biomassa batang nanas.

"Kerja xylan harus dibantu dengan enzim bernama xylanase yang dihasilkan oleh bakteri Bacillus licheniformis untuk berubah menjadi xylo-oligosaccharide yang bermanfaat untuk tubuh," jelas Vendra.

Selain menurunkan kolesterol, manfaat lain adalah meningkatkan kadar insulin dan berlaku sebagai prebiotik.

"Penelitian mengenai kandungan itu sudah banyak dilakukan namun belum ada yang memanfaatkannya secara langsung menjadi bentuk obat, terutama di Indonesia," kata pria asal Tulungagung itu.

Meski hasil penelitian Vendra baru sampai pada fase serbuk, namun ia membuka kesempatan besar untuk mahasiswa lain meneruskan penelitiannya.

"Masih bisa dilanjutkan untuk proses akhir produk. Nantinya bisa dibuat menjadi tablet atau kapsul," katanya. Ketika S1, Vendra lebih fokus pada proses mikroenkapsulasi dan nanopartikel yang membuatnya paham benar tentang proses akhir produksi.

Penelitian ini, dikatakan Vendra adalah kerjasama dengan perusahaan obat sehingga bahan dan biaya produksi semua ditanggung oleh perusahaan tersebut.

"Saya menghabiskan waktu 10 bulan untuk penelitian ini. Semoga bermanfaat sebagai salah satu upaya pengurangan limbah dan penelitian obat dari bahan alami," pungkas Vendra.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved