Breaking News:

Kuliner Surabaya

Gurihnya Kue Rangin Tempo Doeloe, Ini Lokasi Pembuatnya di Surabaya

#SURABAYA - Jajanan tempo dulu salah satunya Kue Rangin atau Kue Pancong. Tidak tahu secara pasti nama dan asal muasal jajanan ini mulai ada.

Penulis: Fitra Ariestianto | Editor: Yuli
fitra ariestianto
Sri Wahyuni (40) menikmati kue rangin dengan anaknya, Novitasari (25) di Pengampon, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kangen ingin mencicipi jajanan tempo dulu tapi tak tahu harus pergi kemana untuk membelinya? Tak perlu khawatir karena kali ini SURYA.co.id akan memberikan referensi jajanan tempo dulu.

Jajanan tempo doeloe salah satunya Kue Rangin atau Kue Pancong. Tidak tahu secara pasti nama dan asal muasal jajanan ini mulai ada.

Namun jika anda yang berasal dari Surabaya, nama Rangin sudah familiar di telinga. Jika anda ingin bernostalgia dengan jajanan masa kecil ini, dapat dijumpai di daerah Pengampon Gang 2, Surabaya.

Tempatnya sedikit masuk gang kecil, stan berjualan dari gerobak dorong menempel pada tembok dan di atasnya terdapat terpal berwarna biru agar pembeli tidak kepanasan.

Namun lokasi seperti itu tak menjadi kendala bagi Noven Syaifudin (30), penjual Kue Rangin.

Ia mengaku sudah generasi kedua berjualan Kue Rangin. “Saya sebagai generasi kedua dan sudah berjualan 10 tahun,” ujarnya.

Kue yang berbahan dasar dari kelapa muda ini memiliki rasa yang sangat gurih.

Proses pembuatannya dari tepung beras, kelapa muda, dan garam dicampur menjadi satu selama 30 menit hingga adonan mengental. Untuk menghindari adonan tidak rusak biasanya Noven mencampurkan beberapa es batu di dalamnya.

Cara membuat Rangin diawali dengan mempersiapkan adonan jika sudah siap, langkah selanjutnya memanaskan di loyang, yang sudah terdapat cetakan Kue Rangin.

Loyang yang dimiliki Noven berjumlah 24 cetakan yang terdiri dari 12 cetakan di sebelah kiri dan satunya lagi sebelah kanan loyang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved