Citizen Reporter

Beginilah Asyiknya Liburan Murah Meriah di Sumber Sira

benar-benar tak menguras kantong... wisata pemandian Sumber Sira ini menawarkan liburan murah meriah bagi yang berkantong cekak...

Beginilah Asyiknya Liburan Murah Meriah di Sumber Sira
juventi permana putri/citizen
Pemandian Sumber Sira 

 

Reportase : Juventi Permana Putri
Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang
juventipermana@gmail.com

LIBURAN tidak berarti harus keluar duit banyak, karena tempat-tempat berlibur murah pun banyak di sekitar kita, terutama wisata alam. Kini sungai pun sudah banyak yang menjadi tujuan wisata, selain gunung, air terjun dan danau.

Berbagai sungai di Malang Raya misalnya, saat ini sudah dikembangkan menjadi tempat wisata. Contohnya, di wilayah perbatasan Bululawang dan Gondanglegi terdapat sebuah Dusun Sumber Sira yang memiliki wisata pemandian yang dijadikan sumber air dari sebuah sungai di sana.

Untuk menuju ke sana, pengunjung harus melewati sebuah kampung yang bersih dan disuguhi udara segar pertanian. Jalan masuk ke pemandian itu saat ini masih dalam perbaikan. Maklum lah, wisata alam ini masih tergolong baru dikembangkan dan belum dikenal oleh masyarakat luas. Pemandian alam seperti ini tak banyak diketahui orang karena promosinya hanya dari mulut ke mulut saja.

Wisata pemandian Sumber Sira ini dapat dijadikan destinasi liburan dan piknik bersama keluarga ataupun sahabat. Tempatnya bersih dan sangat natural. Pengunjung disuguhkan dengan hamparan sawah yang luas membentang dengan aliran sungai yang jernih.

Selain itu, pada hulu sungai pengunjung juga bisa melatih otot-otot badannya dengan berenang di sumber air yang memang dibendung untuk kolam pemandian. Tidak lupa juga di wisata pemandian Sumber Sira pengunjung juga bisa berenang bersama ikan-ikan kecil yang ada di bendungan air sumber itu.

Fasilitas yang disediakan di sana adalah kamar mandi untuk mandi dan ganti baju, musala. Karena kolam berkedalaman antara 50 cm hingga 2 meter, maka pengelola menyediakan ban pelampung untuk pengunjung yang tidak bisa berenang.

Tak perlu bingung wisata Sumber Sira bakal menguras banyak uang Anda. Bahkan, kalau hanya membawa uang Rp 15.000 pun sudah bisa bisa menikmati wisata air itu. Hitungannya, untuk parkir sepeda motor Rp 2.000 tiket masuk Rp 1.000, Rp 5.000 untuk menyewa ban karet, dan Rp 2.000 untuk ke kamar mandi. Bagaimana? Murah bukan?

Sumber Sira juga bisa digunakan sebagai tempat berkumpul dan berpiknik bersama keluarga. Nah, masih mau menghamburkan uang untuk mengisi liburan dengan biaya mahal tetapi tercipta keegoisan dalam keluarga? Wisata alam murah seperti inilah solusinya. 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved