Breaking News:

Video

VIDEO - Apa Jadinya Jika Drummer Punya Tiga Tangan? Profesor "Gila" Ini Mewujudkannya!

Lengan robot ini juga bisa membaca gelombang otak untuk merasakan musik yang akan dimainkan selanjutnya.

SURYA.co.id|GEORGIA - Seorang profesor dari Gerogia Tech, Gil Weinberg membuat sebuah inovasi teknologi di bidang musik. Ia berpikir bahwa seorang drummer membutuhkan tiga lengan.

Sehingga ia membuat sebuah lengan mekanis. Dengan harapan, drummer bisa melakukan apa yang selama ini tidak dapat mereka lakukan.

Dia mengatakan, saat ini perangkat lengan robot itu belum terhubung ke otak. Namun, ia berencana akan membuatnya menjadi terhubung dengan otak si pengguna.

"Itu belum terhubung ke otak anda, tapi akan! Saya serius membuat ini hingga benda ini dapat berfungsi seperti ide gila saya," terangnya.

Dia membuat sebuah perangkat mekatronika yang dipasang di bahu drummer yang befungsi sebagai lengan ketiga untuk merespin musik dan gerakan di sekitaranya.

Perangkat robot ini juga dapat berimprovisasi saat dipasang pada lengan sang drummer yang memakainya. Lengan robot ini juga bisa membaca gelombang otak untuk merasakan musik yang akan dimainkan selanjutnya.

Fitur akselerometer pada lengan ini juga dapat memberitahu seberapa dekat jarak lengan dengan drum set dan memungkinkan kapan untuk mengubah sudut dan mencapainya.

Lengan ini juga dapat merasakan gerakan drummer dan merasakan kecepatan dan gaya bermain untuk menanggapi sesuai.

"Mereka sedang mengutak-atik electroencephalogram (EEG) yang dipasang di kepala untuk membaca gelombang otak pengguna. Idenya adalah untuk mendeteksi patern yang akan memberi tahu lewat sebuah sinyal kepada prosthesis sebelum perubahan ke dalam patter dan tempo terjadi," terangnya.

"Bila robot drum ini sukses, dapat memberikan dasar bagi robot pembantu ketiga lengan lainnya yang dapat digunakan untuk keperluan medis, militer dan konstruksi aplikasi, antara lain. " tambahnya.

(sumber : metalinjection.net)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved