Breaking News:

Berita Kampus Surabaya

Aklindo Dorong Mahasiswa Surabaya Berinovasi Memanfaatkan Energi Terbarukan

#SURABAYA - "Lambat laun energi non terbarukan akan habis, nah sekarang bagaimana kita berinovasi untuk efisiensi energi."

neneng uswatun hasanah
Ir Puguh dari Aklindo pada Seminar Konversi Energi di Gedung Dewa Ruci PPNS, Surabaya, Minggu (27/03/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - "Lambat laun energi non terbarukan akan habis, nah sekarang bagaimana kita berinovasi untuk efisiensi energi."

Pendapat Ir Puguh Irianto, Wakil Ketua Aklindo Jawa Timur, itu disampaikannya di acara seminar bertajuk Inovasi dan Rekayasa Teknologi Konversi Energi Berbasis Energi Terbarukan dan Gas Bumi di Gedung Dewa Ruci Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Minggu (27/03/2016).

Aklindo kependekan dari Asosiasi Kontraktor Ketenagalistrikan Indonesia. 

Bersama tiga pembicara lain, Puguh membicarakan permasalahan energi non terbarukan yang digunakan saat ini. Masalah tersebut membuat perlunya dilakukan upaya mengganti penggunaan energi yang tidak dapat diperbarui itu.

"Bagaimana memupuk rasa kesadaran para mahasiswa yang telah memiliki keilmuan terkait, tergerak menciptakan inovasi dan berkarya mencari solusi," katanya.

Satu solusi yang sudah diberikan oleh mahasiswa PPNS lewat karya adalah panel surya. Alat tersebut telah dibeli oleh Kementerian ESDM sebagai upaya pemanfaatan energi terbarukan.

Menurut ketua panitia seminar, Aldian Dwi Pamungkas, perlunya lebih banyak lagi inovasi dari mahasiswa.

"Selain seminar, kami juga adakan lomba karya cipta bertema sama. Tujuannya pun untuk mencari inovasi pemanfaatan energi terbarukan," tuturnya.

Karya yang paling baik akan diajukan untuk bisa diwujudkan sebagai solusi nyata masalah energi di Indonesia. 

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved