Berita Pendidikan Surabaya

Dindik Tutup Jurusan SMK Sepi Peminat, Kasek SMKN 12: Jurusan Dalang Tak Bisa Ditutup, Ini Alasannya

“Sekolah kami satu-satunya yang membuka jurusan Dalang di Jawa timur,” ungkapnya.

Dindik Tutup Jurusan SMK Sepi Peminat, Kasek SMKN 12: Jurusan Dalang Tak Bisa Ditutup, Ini Alasannya
surya/habibur rohman
Penampilan dalang cilik di Taman Budaya Jawa Timur. 

SURYA.co.id | SURABAYA – SMK sekolah mengutamakan ketrampilan dan kemampuan siswanya. Mulai ketrampilan di bidang industri, pertanian, kelautan, hingga seni. Namun, tren saat ini hanya menguntungkan sejumlah jurusuan yang diminati.

Menurut Kepala SMKN 12 Surabaya, Abdul Rofiq, di sekolahnya terlihat jurusan yang banyak diminati yaitu jurusan non seni, seperti Desain komunikasi visual dan Aminasi. Padahal sekolahnya dikenal sebagai sekolah yang konservatori.

“Sekolah kami memang membuka jurusan yang menyelamatkan budaya bangsa. Seperti jurusan Dalang, hanya peminatnya masih terbatas, tahun lalu saja 10 orang,” tuturnya.

Baginya jurusan ini tetap tidak bisa ditutup meskipun sepi peminat. Bahkan pemasok ketrampilan seni jawa tingkat SMK hanya dari sekolanhnya. “Sekolah kami satu-satunya yang membuka jurusan Dalang di Jawa timur,” ungkapnya.

Sehingga menurutnya peminatnya akan semakin bertambah tidak hanya jika terbuka umum untuk warga kota. Tetapi bisa lintas daerah, karena potensi pengembangan budaya yang ada di berbagai daerah.

“Kalau dibuka lintas daerah mungkin peminatnya bertambah,selama ini kami terkendala di PPDB,” tegasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved