Breaking News:

Berita Surabaya

USAID Berikan 12 Apresiasi Terkait Sanitasi di Kota dan Kabupaten se-Jatim

Acara bertema "Inspiring Moment for Urban Water and Sanitation" itu dihadiri mitra program yang meliputi SKPD di 12 kota dan kabupaten se-Jawa Timur.

monica felicitas
Pemberian apresiasi terhadap 12 kabupaten dan kota di Jawa Timur binaan USAID dalam program IUWASH, yang diberikan di Hotel Bumi Surabaya, Kamis (3/3/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - USAID (United States Agency for International Development) atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika Indonesia menyelenggarakan Lokakarya Purna Program IUWASH (Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene) di Hotel Bumi Surabaya, Kamis (3/3/2016).

Acara bertema "Inspiring Moment for Urban Water and Sanitation" itu dihadiri mitra program yang meliputi SKPD di 12 kota dan kabupaten se-Jawa Timur.

Kota-kota tersebut di antaranya Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Lamongan,Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang, Malang, Kota Malang, Kota Batu, Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo.

Selain lokakarya, pada acara penutupan program IUWAH ini juga diberikan 12 penghargaan atau apresiasi dan kerjasama yang terjalin selama 5 tahun antara USAID dengan pemerintah kabupaten dan kota di Jatim.

Kerjasama itu dalam rangka peningkatan akses masyarakat terhadap layanan yang aman dan sanitasi yang layak untuk masyarakat di wilayah perkotaan, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di Jawa Timur.

Program IUWASH adalah salah satu dari banyak proyek USAID, yang membantu meningkatkan layanan dasar masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat berpenghasilan rendah dan kelompok masyarakat rentan.

USAID memberikan penghargaan yang tinggi atas upaya Pemerintah Provinsi dan Daerah dalam mendukung program ini.

Salah satunya adalah upaya pengembangan 9 sistem master meter di Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo yang telah memberikan akses air minum bagi 602 masyarakat berpenghasilan rendah, dan pengembangan program kredit mikro bagi 6296 masyarakat berpenghasilan rendah untuk peningkatan akses air minum dan sanitasi.

"Kegiatan utama IUWASH bagi sektor air minuma difokuskan juga pada peningkatan kinerja PDAM sehingga mereka mampu memperluas layanan mereka", kata Deputy Chief of Party IUWASH, Foort Bustraan.

Ia menjelaskan air yang bersih sangat erat kaitannya dengan kebersihan dan kesehatan. Untuk mendukung program ini, total terdapat 1775 sumur resapan yang telah dibangun dengan dukungan dari Yayasan Coca Cola Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Monica Felicitas
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved