Berita Ekonomi Bisnis

Pembangunan Proyek di Surabaya Berdampak pada Infrastruktur Telkom, Ini Langkah-langkah Dilakukan

Menurut M Nasrun Ihsan, General Manager Telkom Surabaya,kini tercatat sudah hampir 1.000 kawasan di Surabaya teraliri fiber optic milik Telkom.

Pembangunan Proyek di Surabaya Berdampak pada Infrastruktur Telkom, Ini Langkah-langkah Dilakukan
surya/m taufik
Petugas sedang merapikan kabel Telkom di sebuah kawasan di Surabaya, Minggu (26/2/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Sejumlah proyek di beberapa ruas jalanan Surabaya berdampak terhadap Infrastruktur Telkom. Termasuk proyek pembangunan jalan, penggalian box culvert, dan sejumlah pekerjaan lain yang lokasinya sama dengan infrastruktur telekominukasi milik perusahaan pelat merah tersebut.

Menurut M Nasrun Ihsan, General Manager Telkom Surabaya, sekarang ini tercatat sudah hampir 1.000 kawasan di Surabaya teraliri fiber optic milik Telkom. Terutama di kawasan-kawasan perumahan untuk layanan Indihome.

“Penarikan kabel fiber optic di kawasan perumahan lebih mudah ketimbang di jalan-jalan protokol,” kata Nasrun, Minggu (28/2/2016).

Penarikan di jalan-jalan protokol dirasa kerap mengalami kendala akibat pekerjaan dari instansi lain di area yang sama.

“Apalagi di beberapa jalan protokol juga sedang dibangun proyek pemerintah kota yang mengakibatkan beberapa lokasi titik ketinggian tiangnya menjadi sudah tidak layak, termasuk akibat penggalian box culvert,” sambungnya.

Mengatasi persoalan tersebut, pihaknya harus mengganti tiang dan memindahkan route ke tiang baru.

Seperti contoh di Jalan HR Muhammad, ada dua kabel yang harus dirapikan sejak beberapa waktu lalu. Demikian hanya di beberapa jalan protokol lain.

Nasrun berharap, ke depan tidak ada lagi kesulitan untuk proses penarikan dan maintenance infrastruktur Telkom di lapangan. Apalagi kota Surabaya sudah mencanangkan diri sebagai salah satu smart city.

Jaringan fiber optik yang sudah digelar di ratusan wilayah lain, masih kiata dia, diharapkan juga bisa segera dimanfaatkan masyarakat.

“Bekerjasama dengan Pemkot Surabaya, kami gandeng komunitas-komunitas untuk membantu melakukan edukasi pentingnya akses internet broadband ini, salah satu tempatnya bisa dilakukan di BLC (Broadband Learning Center) yang di area Surabaya " lanjutnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved