Berita Pendidikan Surabaya

Ingin Mencoba Makanan Khas Jepang? Cobalah Datang ke Japanese World di Unair Ini

#Surabaya - Japanese World Jurusan Sastra Jepang Unair pada Minggu (28/02/2016) menyediakan ratusan makanan khas negara itu. Tertarik?

SURYA.co.id/Neneng Uswatun Hasanah
Festival Jajanan Jepang di acara Japanese World, Minggu (28/02/2016) dipadati pengunjung. 

SURYA.co.id I SURABAYA - Acara Japanese World Jurusan Sastra Jepang Universitas Airlangga (Unair) pada Minggu (28/02/2016) dipadati banyak pengunjung.

Para pengunjung memenuhi stan-stan yang menjual makanan, minuman, serta pernak-pernik khas Jepang di pelataran Fakultas Ilmu Budaya Unair.

Amelia, seorang pengunjung yang sedang mengantri di depan stan Takoyaki bersama pengunjung lain mengaku antusias. Meskipun cuaca cukup panas, ia tak masalah dan masih ingin berkeliling.

"Rasanya ingin mencoba semua makanan dan minuman yang dijual," katanya lalu tersenyum. Ia datang bersama teman-teman sekolahnya dari kawasan Surabaya Utara.

Di samping area stan, terdapat panggung yang sedang menampilkan para peserta kontes karaoke lagu-lagu Jepang. Sebanyak 25 peserta se-Jawa Timur ikut serta dalam lomba tersebut.

Acara itu mengusung tema "Mukashi Kara Mirai He Tsunagaru" yang memiliki arti menghubungkan masa lalu ke masa depan.

"Maksudnya adalah acara saat ini menggabungkan tema-tema dari kegiatan di tahun-tahun sebelumnya menjadi satu kesatuan," jelas Rizki Ezy, ketua panitia acara Japanese World, Minggu.

Untuk stan-stan yang mengisi festival, gadis yang akrab disapa Ezy itu mengatakan adanya seleksi terlebih dahulu. "Tujuannya supaya isi stan tetap relevan dengan tema acara," katanya.

Selain stan dan lomba karaoke, juga ada open house yang terdiri dari rumah hantu Jepang, kafe dengan pelayan berkostum ala Jepang, dan fasilitas berfoto dengan yukata.

Hari sebelumnya juga ada lomba akademik untuk murid-murid SMA yang terdiri dari membaca hiragana dan katakana, mendengarkan dan menulis, cerdas cermat, serta story telling dalam bahasa Jepang.

Festival yang menarik perhatian hampir 700 pengunjung itu diharapkan Ezy dapat memperkenalkan budaya Jepang ke masyarakat Indonesia dan mempererat hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved