Berita Surabaya

Kagumi Pakde Karwo dalam Menghafal Angka, Kata Rhenald Kasali, PNS Jatim Tak Berani Macam-macam

"Karena kemampuannya tersebut, saya sendiri juga tak berani bicara angka dengan Pakde Karwo," tegas Prof Rhenald Kasali.

Kagumi Pakde Karwo dalam Menghafal Angka, Kata Rhenald Kasali, PNS Jatim Tak Berani Macam-macam
surya/mujib anwar
Gubernur Soekarwo berbiincang dengan Guru Besar Universitas Indonesia Prof Rhenald Kasali dalam pembukaan Musprov IV KORPRI Jatim 2016 di Hotel Singgasana, Surabaya, Rabu (24/2/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Guru Besar Universitas Indonesia Prof Rhenald Kasali mengaku kagum dengan kemampuan Gubernur Jatim Soekarwo yang hafal beberapa digit angka.

Menurut Rhenald, kemampuan yang dimiliki Pakde Karwo tersebut terbilang langka dan sangat sedikit pejabat publik di Indonesia yang punya kemampuan seperti itu.

Dia sangat hapal di luar kepala saat menjelaskan detail angka-angka kinerja pembangunan bidang ekonomi, perdagangan, dan berbagai data lainnya.

"Karena kemampuannya tersebut, saya sendiri juga tak berani bicara angka dengan Pakde Karwo," tegasnya saat menjadi Keynote Speaker Musprov IV KORPRI Jatim 2016, di Hotel Singgasana, Surabaya, Rabu (24/2/2016).

Dengan kelebihan yang dimiliki Pakde Karwo tersebut, Rhenald yakin PNS yang menjadi anak buahnya di Pemprov Jatim tidak akan berani macam-macam. Apalagi, jika ingin mengubah nominal angka di anggaran kegiatan.

"Pasti akan diketahui Pakde Karwo, jika ada anak buahnya yang salah menyebut angka," terangnya.

Menurut Rhenald, di era sekarang, kemampuan untuk menguasai angka dan keuangan mutlak diperlukan. Karena semua program pemerintah selalu terkait dengan keuangan.

"Jadi tak cukup hanya menguasai politik dan hukum saja," beber Komisaris Utama PT Angkasa Pura II ini.

Hal itu dinilai penting, karena saat ini sebagian besar PNS hanya menguasai bidang operasional.

"Itu juga terjadi di PT Angkasa Pura, di mana saya menjadi Komut di sana," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved