Skandal Saipul Jamil

Menteri Yohana: Jika Pelecehan Saiful Jamil Terbukti, Bisa Kena 5 Tahun Penjara

#JOMBANG - “Saya sudah meminta tim perlindungan anak mengkaji kasus ini, dan ini harus diusut pihak berwenang,” kata Menteri Yohana.

Menteri Yohana: Jika Pelecehan Saiful Jamil Terbukti, Bisa Kena 5 Tahun Penjara
sutono
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (PP dan PA) Yohana Yembise (tengah) bersama sejumlah aktivis perempuan Jombang. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Kasus dugaan pencabulan anak oleh pedangdut kondang Saipul Jamil mendapat perhatian khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Men-PP dan PA), Yohana Yembise.

“Saya sudah meminta tim perlindungan anak mengkaji kasus ini, dan ini harus diusut pihak berwenang,” kata Yohana usai membuka seminar 'Peningkatan Kapasitas SDM Jejaring Pemberdayaan Perempuan' di Hotel Yusro, Jombang, Jatim, Jumat (19/2/2016).

Selain membentuk tim untuk melakukan investigasi kasus yang melibatkan mantan suami penyanyi Dewi Perssik ini, Kementerian PP dan PA, sambung Yohana, juga menyiapkan tim pendampingan terhadap korban.

Hal itu dilakukan Menteri Yohana karena yang menjadi korban adalah laki-laki yang masih berusia remaja dan tentu secara psikologis masih sangat labil.

Tim investigasi itu dibentuk, terang Yohana, karena kementerian yang dipimpinnya tak mau gegabah saat terlibat dalam penyelesaian kasus tersebut.

“Harus ada langkah investigasi dulu agar tahu seperti apa masalahnya. Kalau benar sudah melanggar UU Perlindungan Anak, pelaku harus diberi hukuman,” tambah Yohana.

Sedangkan rencana pendampingan terhadap korban dugaan pencabulan itu, Yohana mengatakan akan diberikan selama proses hukum berjalan, dan sesudahnya.

Disinggung soal masih sering munculnya kasus-kasus kekerasan terhadap anak, Yohana menyatakan karena vonis-vonis yang diterima pelaku kurang optimal.

Menurutnya, Undang-undang tentang Perlindungan Anak sudah bagus, tapi kurang dilaksanakan secara optimal. Hal ini, menurut Yohana terjadi di mana-mana.

"Setelah saya mengecek di Deputi Perlindungan Anak, pihak penegak hukum belum melaksanakan (UU Perlindungan Anak) secara optimal," jelas Yohana.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved