Berita Surabaya

Izin Kerja Bersamaan, Motor Komunitas Ini Harus Standar Pabrik

Selain motor, kondisi fisik pengemudi juga dituntut ekstra. Karena tak jarang mereka berangkat tour pada malam hari usai pulang kerja

Izin Kerja Bersamaan, Motor Komunitas Ini Harus Standar Pabrik
surya/ist
Komunitas motor Bolang Erkate saat mengunjungi berbagai tempat wisata di Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Motor standar pabrik dan servis ulang, hal yang wajib dilakukan anggota Bolang Erkate sebelum keluar kota.

Nama Bolang Erkate sendiri menjadi nama resmi komunitas orang yang pernah bekerja di restoran cepat saji di Rungkut, yang disingkat erkate.

Berbekal perencanaan sederhana dan motor berbagai merek, mereka melakukan perjalanan ke berbagai lokasi wisata di Jawa timur setiap tahunnya dengan mengambil izin kerja.

Perjalanan pertama yang mengawali kedekatan 18 personil Bolang Erkate ini, terjadi pada Agustus 2013.

Untuk liburan yang memakan waktu dua hari, mereka harus menyempatkan izin kerja bersamaan dengan beragai alasan.

“Pokoknya izinnya macem-macem supaya bisa ikut. Dulu masih 10 orang,” terang Tri Budi Andrianto (33), anggota tertua komunitas ini, saat ditemi Surya, Kamis (18/2/2016).

Untuk beberapa orang yang berangkat ‘mbolang’, istilah mereka jalan-jalan di luar kota, motor harus dipastikan kembali ke standar keluaran pabrik.

Pemeriksaan dimulai pada mesin, ban, knalpot hingga spion. “Kami harus pastikan motor udah di servis, agar dijalan tidak ada masalah, karena kami selalu bawa uang pas-pasan saat liburan,” aku pria asli Malang ini.

Pria yang kerap disapa Alex ini menjelaskan, Bolang Erkate merupakan kelompok yang paling lama bertahan untuk terus liburan ke luar kota, meski anggotanya banyak yang bekerja di restoran cepat saji.

“Dulu, grup teman-teman yang suka main dinamakan Lowo Rembes (Lombes) pada 2012. Soalnya selesai kerja sudah berangkat liburan semalaman. Tapi personilnya saat keluar kerja, sudah tidak pernah kumpul,” kenangnya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved