Berita Otomotif Surabaya

BMW Yakin Tiga Varian Baru ini Mampu Dongkrak Penjualan Mobil Premium

Secara nasional, tahun 2015 kemarin BMW di nomor dua dengan market share 35,5 persen.

BMW Yakin Tiga Varian Baru ini Mampu Dongkrak Penjualan Mobil Premium
surya/m taufik
Varian anyar BMW yang mulai dipasarkan di Surabaya saat dipajang di showroom resmi BMW di Jl HR Muhammad Surabaya, Kamis (18/2/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah merosot di tahun 2015, penjualan mobil kelas premium merek BMW diyakini bakal tumbuh di tahun ini. Khususnya penjualan di Surabaya dan Jawa Timur sebagai pasar terbesar kedua setelah Jakarta.

Secara nasional, tahun 2015 kemarin pasar mobil premium masih dikuasai Mercedes Benz dengan market share hingga 52,3 persen. BMW di nomor dua dengan market share 35,5 persen, disusul Lexus 8,3 persen, Audi 3,5 persen, dan Volvo yang memiliki pangsa pasar 0,3 persen.

Data di Astra Internasional selaku diler resmi BMW Indonesia menyebut, dari total penjualan secara nasional, Jawa Timur berkontribusi sekitar 20 persen.

"Tertinggi masih di Jakarta sekitar 60 persen," kata Yopi Antonio, Branch Manager Astra International BMW Surabaya, Kamis (18/2/2016).

Untuk Jawa Timur, kata dia, penjualan mobil BMW tahun kemarin tercatat 210 unit. Pasar terbesar ada di Surabaya dengan 80 persen, brikutnya Malang sekitar 10 persen, dan sisanya dari daerah lain.

Total capaian penjualan itu terbilang hanya 80 persen dari target penjualan yang dipatok sebanyak 255 unit sepanjang 2015.

Penurunan penjualan BMW, faktor utamanya adalah kondisi perlambatan ekonomi global. Tapi jika dibanding tahun sebelumnya, angka itu terhitung tumbuh 20 persen.
"Tiga tahun terakhir, market share BMW selalu growth di angka 20-30 persen," lanjutnya.

Termasuk tahun ini, pihaknya juga memasang target yang cukup tinggi. Setiap bulan ditarget bisa menjual 25 unit atau 300 unit selama setahun untuk semua tipe mobil yang dipasarkan.

Yopi mengakui target itu cukup berat, tapi dengan potensi pasar yang mulai terlihat bagus di awal tahun, serta adanya varian anyar yang mulai dipasarkan, dirinya optimistis bisa mencapainya.

Apalagi varian anyar ini adalah seri 3, tipe andalan BMW. Dimana 70 persen penjualan mobil BMW ada di seri 3, 20 persen untuk seri 5 dan sisanya dari tipe lain. Yopi menyebutnya sebagai tulang punggung penjualan BMW dalam negeri.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved