Breaking News:

Berita Surabaya

Polisi Gagalkan Pengiriman 46.000 Batang Rokok Ilegal ke Banjarmasin, Begini Modusnya

Mobil boks yang mengangkut ribuan rokok ilegal ini digagalkan di Jalan Nyampungan, Kamis (11/2/2016) sore.

Penulis: Zainuddin | Editor: Parmin
surya/zainuddin
Kemasan berisi rokok tanpa cukai disita anggota Polres Tanjung Perak sebelum dikirim ke Banjarmasin. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kalimantan masih menjadi pasar menggiurkan bagi rokok tanpa cukai dari Jawa Timur (Jatim). Polres Tanjung Perak kembali menggagalkan pengiriman rokok tanpa cukai merk Batu Akik sebanyak 46.000 batang tujuan Banjarmasin.

Mobil boks yang mengangkut ribuan rokok ilegal ini digagalkan di Jalan Nyampungan, Kamis (11/2/2016) sore. Sampai sekarang penyidik belum menetapkan satu pun tersangka dalam kasus ini.

Kabagops Polres Tanjung Perak, Kompol Harna menyatakan petugas menghentikan mobil boks itu dalam operasi cipta kondisi (cipkon) menjelang pelantikan 19 kepala daerah, 17 Februari 2016 nanti.

Tim pimpinannya memang menyasar mobil pengangkut barang yang tertutup. Biasanya mobil pengangkut barang yang tertutup tidak terpantau barang yang diangkutnya.

”Kami memeriksa setiap mobil pengangkut barang, terutama di perbatasan,” kata Harna, Jumat (12/2/2016).

Saat memeriksa mobil boks itu, petugas melihat tumpukan kardus didalam mobil boks tersebut.

Sopir mobil boks itu mengakui barang yang akan dikirim menuju Banjarmasin itu adalah rokok. Petugas pun memeriksa isi kemasan itu untuk memastikan pengakuan sopir mobil boks.

Saat mengecek isi barang inilah petugas mengetahui rokok dengan bungkus warna hitam ini tidak dilengkapi cukai. Petugas pun langsung mengeler sopir itu ke Mapolres untuk dimintai keterangan.

Menurutnya, sopir mobil itu mengaku tidak mengetahui bila rokok itu tanpa pita cukai. Sebab, pemilik barang tidak menjelaskan detail barang yang akan dikirimnya. Pemilik barang hanya menyebutkan barang tersebut rokok.

”Sopirnya mengaku baru sekali mengirim rokok dari orang itu,” tambahnya.

Perlu diketahui, ribuan rokok itu dikemas dalam 23 kardus. Setiap kardus berisi 100 pack rokok. Setiap pack berisi 20 batang rokok.

Sampai sekarang ribuan batang rokok ini masih tersimpan di ruang Satreskrim Polres Tanjung Perak.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved