Berita Gresik

Banjir Kalimas Driyorejo Gresik Terbesar dan Terparah

"Terpaksa menumpang tinggal di rumah saudara," kata Nonok Sudiono (56), warga Desa/Kecamatan Driyorejo, saat memantu kenaikan air dari tepi Jl Raya Dr

Banjir Kalimas Driyorejo Gresik Terbesar dan Terparah
surya/sugiyono
warga Desa/Kecamatan Driyorejo memindahkan motor yang terjebak di dalam rumah dengan gerobak, Jumat (12/2/2016). 

SURYA.co.id | I GRESIK - Banjir luapan Kalimas, wilayah Kecamatan Driyorejo, Gresik masih menggenangi ribuan rumah warga sekitar bantaran.

Warga masih mengungsi di rumah saudara sebab kedalaman air mencapai 1 meter lebih, Jumat (12/2/2016).

Genangan air masih stabil seperti kemarin. Rumah warga yang rendah sudah pasti tidak bisa ditempati sebab tergenang air luapan Kalimas. Kecuali warga yang rumahnya lantai dua, baru bisa tetap tinggal di dalam rumah.

"Terpaksa menumpang tinggal di rumah saudara," kata Nonok Sudiono (56), warga Desa/Kecamatan Driyorejo, saat memantu kenaikan air dari tepi Jl Raya Driyorejo kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Nonok menambahkan bahwa banjir Kalimas Surabaya yang menggenangi ribuan rumah warga di 6 Desa Kecamatan Dreiyorejo. Diantaranya Desa Driyorejo, Krikilan, Sumput, Bambe Kesamben dan Cangkir.

"Ini banjir Kalimas yang terbesar sejak puluhan tahun yang lalu," kata Sujono, warga Desa/Kecamatan Driyorejo.

Banjir Kalimas di sepanjang Kecamatan Driyorejo ini tidak pernah diduga-duga oleh masyarakat sekitar bantaran sebab selama bertahun-tahun tidak ada banjir sebesar ini.

"Biasanya banjir tahun kemarin tidak seperti ini. Tahun kemarin banjir langsung surut tapi tidak besar. Sekarang ini, sudah dua hari belum surut-surut," kata Sujono yang juga anggota DPRD Gresik dari Fraksi PKB.

Sujono juga mengatakan bahwa normalisasi Kalimas sangat sulit sebab warga sudah banyak dan netap di sekitar bantaran Kalimas. Lagi pula, banjir kali ini karena tingginya kiriman air dari hulu sedangkan di hilir bendunggannya ditutup.

"Kalau bendungan tidak ditutup pasti Surabaya sudan terendam. Mankanya bendungan di wilayah Gunungsari, Surabaya ditutup imbasnya di Kalimas Driyorejo," katanya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved