Berita Gresik

Kali Lamong Surut, Ganti Sungai Bengawan Solo Banjiri Rumah Warga

“Di Dusn Bandung baru ada empat rumah terendam sebab rumahnya di dalam tanggul. Desa Tiremenggal, genangan air hanya di area persawahan dan tambak.”

Kali Lamong Surut, Ganti Sungai Bengawan Solo Banjiri Rumah Warga
surya/sugiyono
PEMUKIMAN - Banjir akibat meluapnya Bengawan Solo sudah masuk di area permukiman warga, Rabu (10/2/2016). 

SURYA.CO.ID I GRESIK – Setelah banjir luapan Kali Lamong surut. Sekarang warga Gresik kembali dihantui banjir luapan sungai Bengawan Solo. Sedikitnya empat Desa sudah digenangi banjir luapan Sungai Bengawan Solo.

Data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, yaitu dusun Nongkokerep, Desa/Kecamatan Bungah, ketinggian air mencapai 20 sampai 30 sentimeter, Desa Tiremenggal, dusun Bandung baru, Desa Padangbandung dan Desa Baron, ketiga Desa di Kecamatan Dukun, genangan air mencapai 20 sampai 30 sentimeter.

Dari Pantauan Surya.co.id, di dusun Nongkokerep, Desa Bungah area yang terendam hanya beberapa persawahan dan beberapa pemukiman yang ada di dataran rendah sebab belum ada tanggul.

“Di Dusun Bandung baru ada empat rumah  terendam sebab rumahnya di dalam tanggul. Desa Tiremenggal, genangan air hanya di area persawahan dan tambak,” kata Abu Hassan, Kepala BPBD Kabupaten Gresik, Rabu (10/2/2015).

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di sekitar tepi sungai Bengawan Solo, BPBD Kabupaten Gresik terus koordinasi dengan Kepala Desa, Camat, Polisi dan TNI di jajaran Kodim 0817 Gresik.

“Menindak lanjuti peningkatan debit air sungai Bengawan Solo upaya yang lakukan Tim reaksi cepat (TRC) BPBD langsung berkoordinasi dengan Kades/ perangkat desa, aparat Polsek dan TNI menghimbau kepada masyarakan yang ada di bantaran sungai Bengawan Solo untuk mengungsi ke tempat yang aman,” imbuhnya.

Sedangkan banjir luapan Kali Lamong, Abu Hassan mengatakan bahwa banjir Kali Lamong sudah surut.

“Selasa kemarin Pukul 17.00 WIB saya di Kecamatan Benjeng ternyata airnya sudah surut sampai di Kecamatan Cerme tidak ada genangan air di jalan raya,” katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved