Kecepatan Internet Indihome di Rumah Anda Lemot, Begini Penjelasan Telkom

#Surabaya #Telkom #Indihome Ini penyebab melambatnya jaringan internet indihome di rumah anda.

Kecepatan Internet Indihome di Rumah Anda Lemot, Begini Penjelasan Telkom
net
Ilustrasi 

SURYA.co.id I SURABAYA - Teka-teki penyebab melambatnya jaringan internet indihome terjawab.

Menurut VP Corporate Communication PT Telkom, Arif Prabowo, saat ini perusahaannya sudah menerapkan FUP atau Fair Usage Policy pada layanan Indihome.

"Penerapan kebijakan ini dimaksudkan untuk melindungi normal user dari pemanfaatan pemakaian berlebihan oleh heavy user," ujar Arif, Jumat (5/2/2016).

Heavy user pada pelanggan IndiHome merupakan pengguna yang memanfaatkan internet untuk mengunduh film, games secara terus menerus atau meretailkan jaringan.

"Hal ini (Heavy user) dapat mengganggu kualitas layanan dan kenyamanan bagi pengguna lain yang membayar dengan tarif yang sama. Untuk itulah perlu ada FUP agar terdapat keadilan bagi konsumen yang memanfaatkan internet secara wajar," jelasnya.

FUP Telkom melalui IndiHome berlaku untuk layanan dengan kecepatan 10 Mbps. Di sini fair usage yang diberikan Telkom hingga 300 gigabyte, yang setara dengan menikmati video dengan kualitas standar selama 1800 jam atau sekitar 1200 video.

Apabila melewati batas tersebut, maka pelanggan akan tetap dapat menggunakan layanan internet dengan penurunan kecepatan. Kecepatan di atas batas tersebut mencapai 75%  atau 7,5 Mbps. Dan bila di atas, 400 Giga Byte, maka kecepatan akan dikurangi lagi menjadi 40%-nya saja.

"Hampir 99% pelanggan IndiHome tidak akan terpengaruh dari penerapan FUP ini karena berdasarkan data, rata-rata konsumsi bandwidth pelanggan tersebut di bawah 300 GB," lanjutnya.

Sekadar diketahui pula, kebijakan FUP juga dilakukan di negara lain seperti Amerika, Jepang dan Malaysia serta operator lain di Indonesia.

FUP ini hanya diberlakukan untuk layanan internet pada IndiHome dan tidak berpengaruh pada layanan Video (UseeTV) dan Telepon.

Ivone Andayani, Public Relation Telkom Area Jatim menambahkan pelanggan yang mengeluh akibat pembatasan itu hanya berjumlah 1-2 persen saja dari total pelanggan yang ada.

Sementara mengenai keluhan bahwa ketika Indihome diputus alias tidak dilanjutkan, kemudian saluran telpon ikut dicabut, menurutnya tidak mutlak. Pelanggan yang berhenti berlangganan Indihome tetap bisa melanjutkan fasilitas jaringan telponnya.

"Hanya saja, memang harus melapor ke Plaza Telkom. Sebab, ada dokumen yang harus ditanda tangani dalam proses tersebut," katanya.

Penulis: M Taufik
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved